MK Resmi Tutup Pendaftaran Gugatan Pemilu, PKB Daftar Terakhir

Foto: Sayangi.com

Jakarta, Sayangi.com – Partai Kebangkitan Bangsa menjadi partai yang paling terakhir mendaftarkan gugatan hasil pemilu ke Mahkamah Konstitusi. 12 Parpol nasional dan 2 Parpol Aceh tercatat mendaftarkan gugatan sepanjang hari Selasa (13/5) yang merupakan hari terkahir tenggat waktu yang disediakan MK. Pendaftaran secara resmi ditutup pada pukul 00.00.

Setelah pendaftaran, MK memberikan waktu tiga hari hingga hari Kamis (15/5) bagi parpol untuk melengkapi berkas gugatannya. Pada tanggal 23 Mei, MK akan menggelar sidang perdana gugatan sengketa hasil Pemilu.

Mahkamah Konstitusi sudah menetapkan majelis panel yang akan menangani perkara permohonan perkara perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) atau sengketa hasil Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD 2014.

Panel I terdiri atas Ketua MK Hamdan Zoelva sebagai ketua didampingi Hakim Konstitusi Muhammad Alim dan Hakim Konstitusi Wahiduddin Adam sebagai anggota panel.

Panel II terdiri atas Wakil Ketua MK Arief Hidayat sebagai ketua panel didampingi Hakim Konstitusi Patrialis Akbar dan Hakim Konstitusi Anwar Usman sebagai anggota.

Panel III terdiri atas Hakim Konstitusi Ahmad Fadlil Sumadi sebagai ketua didampingi Hakim Konstitusi Maria Farida dan hakim Konstitusi Aswanto sebagai anggota.

Menurut Sekjen MK, Janedjri, satu panel tiga hakim, dalam memeriksa dan mengadili perkara, majelis hakim panel harus menghindari diri dari parpol di mana majelis hakim ada.

“Misalnya, Ketua MK dari Nusa Tenggara Barat dan dari Unhas, agar dihindari untuk tidak mengadili perkara dari daerah yang bersangkutan,” kata Janedjri, Senin (12/3).