KPU Sumsel Perpanjang Masa Penonaktifan KPU Musirawas

Palembang, Sayangi.com – Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan memperpanjang masa penonaktifkan KPU Kabupaten Musirawas, karena mencermati dua surat yakni dari KPU RI dan Bawaslu, harus dievaluasi total.

Ketua KPU Sumatera Selatan, Aspahani menyampaikan hal itu ketika ditanya mengenai masa penonaktifan KPU Musirawas di Palembang, Senin (12/5).

Menurut dia, terkait dengan penonaktifan KPU Musirawas memang secara SK KPU Sumsel menonaktifkan sampai penetapan kursi hari ini saja.

“Namun, mencermati dua surat yakni KPU RI dan Bawaslu harus dievaluasi total, karena itu kita memutuskan memperpanjang masa penonaktifan,” katanya.

Ia mengatakan, penonaktifan itu menunggu proses pihak Bawaslu mereka menyebut dalam proses untuk diadili di Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Apakah nanti ada keputusan lain, apakah pidana atau administrasi, kalau itu sudah keluar, baru kita mengambil keputusan, tuturnya.

Jadi, KPU Sumsel hanya menonaktifkan saja selain itu menunggu keputusan permanen, paparnya.

Ia menyatakan, untuk DKPP masih diproses, jadwalnya juga belum tahu.

Sebagaimana diketahui KPU Musirawas sudah dinonaktifkan sejak beberapa hari lalu.

KPU Sumsel sudah mengambil alih untuk melakukan rekapitulasi suara ulang DPD RI dan DPR RI sebelum disampaikan ke KPU RI. (An)