Presiden SBY Dijadwalkan Menerima ARB Siang Ini

Foto: Sayangi.com

Jakarta, Sayangi.com – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjadwalkan menerima Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie (ARB) di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu.

Dari jadwal kegiatan Presiden, pertemuan kedua tokoh tersebut dijadwalkan berlangsung pada pukul 14.00 WIB.

Yudhoyono yang juga Ketua Umum DPP Partai Demokrat sebelumnya, Selasa (13/5) telah menerima dua bakal calon presiden, yakni dari PDIP Joko Widodo pada pukul 13.00 WIB dan dari Partai Gerindra Prabowo Subianto. Prabowo saat itu didampingi Menko Perekonomian Hatta Rajasa yang juga Ketua Umum DPP PAN, sekitar pukul 17.00 WIB.

Joko Widodo yang kini Gubernur DKI Jakarta memohon izin untuk maju sebagai calon presiden pada Pemilu 9 Juli 2014 sekaligus izin cuti atau nonaktif dari jabatan sehari-harinya sebagai Gubernur.

Presiden mengizinkan Joko Widodo untuk nonaktif dari jabatan Gubernur DKI Jakarta.

Prabowo dan Hatta Rajasa juga memohon izin bahwa kedua tokoh itu akan menjadi pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden, sekaligus Hatta mengajukan pengunduran diri dari jabatan Menko Perekonomian.

Prabowo dan Hatta menyatakan bahwa Presiden Yudhoyono telah memberikan izin atas permohonan mereka.

Sementara pertemuan Yudhoyono dan Aburizal Bakrie juga akan terkait dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.

Aburizal Bakrie pada Selasa sore bertemu dengan Joko Widodo di pasar di kawasan Johar Baru, Jakarta Pusat, dan pada kesempatan itu Aburizal Bakrie menyatakan pertemuan dengan Joko Widodo merupakan kelanjutan dari penjajakan untuk berkoalisi.

Bila kesepakatan koalisi sudah terjadi, katanya, Partai Golkar akan mendukung pencalonan Joko Widodo sebagai presiden tetapi harus membicarakan lebih lanjut dengan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri dan dengan Joko Widodo yang diusung PDIP sebagai bakal calon presiden.

Terkait pencalonan dirinya sebagai presiden, Aburizal Bakrie menegaskan bahwa presiden dan wakil presiden hanya instrumen untuk mencapai kesejahteraan rakyat dan Indonesia yang mandiri.

“Yang penting berkali-kali saya tegaskan kalau presiden dan wakil presiden hanya instrumen untuk mencapai kesejahteraan rakyat dan Indonesia yang mandiri,” kata Aburizal Bakrie yang juga mantan Menko Perekonomian dan Menko Kesra.

Sebelum menerima Aburizal Bakrie, jadwal Kepala Negara hari ini adalah memimpin rapat kabinet terbatas pada pukul 10.00 WIB.