KPK Tetapkan Sutan Bhatoegana Tersangka Kasus Gratifikasi

Jakarta, Sayangi.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan politisi Partai Demokrat Soetan Bhatoegana sebagai tersangka kasus gratifikasi.

Sutan Bhatoegana diduga menerima suap terkait dengan pembahasan anggaran APBNP 2013 dengan Kementerian ESDM. Dia dijerat dengan pasal penerimaan gratifikasi. Penetapan status tersangka Sutan merupakan hasil pengembangan dari kasus suap SKK Migas.

“Telah ditemukan sedikitnya dua alat bukti permulaan yang cukup terjadinya tindak pidana korupsi dengan tersangka SB, selaku ketua Komisi VII” kata Johan Budi di gedung KPK, Rabu (14/5).

Sebelumnya, pada 16 Januari 2014 KPK telah melakukan penggeledahan rumah Sutan Bhatoegana di kawasan Bogor Jawa Barat dan di ruang kerja ketua komisi VII itu di gedung DPR Senayan. Penggeledahan dilakukan KPK berdasarkan keterangan mantan Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini yang mengaku pernah menyetor uang sebanyak 200 ribu dolar AS ke Komisi VII DPR. Uang itu diberi Rudi melalui pelatih golfnya Deviardi untuk Tunjangan Hari Raya para anggota Komisi VII yang diminta Sutan Bathoegana.