Dihadiri Prabowo, Rakernas PAN Resmikan Koalisi Dengan Gerindra

Foto: Antara

Jakarta,sayangi.com– Rapat Kerja Nasional Partai Amanat Nasional secara resmi menyepakati koalisi dengan Partai Gerindra, untuk mengusung Ketua Dewan Pembina Prabowo Subianto menjadi calon presiden dan mengusulkan Hatta Rajasa sebagai calon wakil presiden.

Keputusan rakernas tersebut dibacakan langsung oleh Ketua Umum PAN Hatta Rajasa dihadapan para peserta rakernas, media serta Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto dan jajaran pengurus Partai Gerindra di Kantor DPP PAN, Jakarta, Rabu (14/5).

“Kita telah menetapkan secara aklamasi berkoalisi dengan Partai Gerindra. Kedua, PAN menetapkan secara aklamasi untuk mencalonkan Saudara Prabowo sebagai calon presiden,” kata Hatta.

Hatta menambahkan, dalam rakernas tersebut juga diputuskan untuk mengusulkan dirinya sebagai Calon Wakil Presiden untuk berpasangan dengan Prabowo Subianto.

Hatta mengatakan bahwa koalisi yang dibentuk bukanlah atas dasar pendekatan pragmatis apalagi transaksional. Namun, koalisi yang dibetuk didasarkan atas visi, misi dan platform yang memiliki kesamaan untuk menjadikan Indonesia yang maju dan sejahtera.

Hatta dalam kesempatan itu, menyerahkan secara langsung hasil-hasil rakernas tersebut kepada Prabowo Subianto.

Prabowo dalam kesempatan itu menyatakan, berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan dan dirinya akan berusah menjaga amanat tersebut.

“Saya hanya bisa berdoa dan berusaha, bahwa saya tidak mengecewakan kepercayaan saudara – saudara,” ujar Prabowo.

Prabowo tiba di kantor DPP PAN sekitar pukul 13.30 WIB. Sebelumnya telah datang lebih dahulu sejumlah petinggi Partai Gerindra seperti Ketua Umum Suhardi, Sekretaris Jenderal Ahmad Muzani dan Wakil Ketua Dewan Pembina Hashim S. Djojohadikusumo.

Eko Patrio yang menjadi pembawa acara tersebut menyerukan yel-yel saat menyambut kedatangan Prabowo Subianto.

“Atas nama bangsa Indonesia, Prabowo Hatta,” demikian yel-yel yang diserukan Eko dan diikuti oleh para peserta Rakernas dengan bersemangat.

Saat menyampaikan sambutan pada acara pembukaan Rakernas, ketua Majelis Pertimbangan Pusat PAN Amies Rais memaparkan beberapa perjalanan singkatan nama pasangan capres-cawapres sebelum ditetapkan menjadi Prabowo – Hatta.

“Awalnya ada singkatan Prahara, tapi negatif, prahara negatif. Kemudian dibuat Prabowo Berjasa, kemudian ada Praja, yang paling bagus ya Prabowo-Hatta, seperti Soekarno-Hatta,” katanya.

Amien juga menghimbau kepada seluruh kader PAN untuk optimis dengan elektabilitas Prabowo-Hatta dan tidak tergoda oleh polling ‘abal-abal’.

“Saya ingin supaya kita tidak pernah pesimis. Jangan pernah tergoda polling yang kita ketahui abal-abal,” ujarnya.