Palangka Raya Juara Umum MTQ Kalteng 2014

Sampit, Kalteng, Sayangi.com – Kota Palangka Raya berhasil meraih juara umum Musabaqah Tilawatil Quran tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2014, disusul Kabupaten Barito Utara urutan kedua, Kotawaringin Barat, dan Kotawaringin Timur.

Sekretaris Dewan hakim Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVII Kalteng Riduan Syahrani di Sampit, Sabtu (17/5/2014) menilai kualitas qari dan qariah serta hafiz dan hafizah yang menjadi juara mengalami peningkatan cukup bagus.

“Pembinaan regenerasi sudah bagus. Kami yakin tiga tahun ke depan Kalteng bisa melahirkankan qari qariah nasional yang terbaik dan merupakan putra asli daerah kita,” katanya.

Juara pertama cabang tilawah tartil dan murattil terbaik adalah Ahmad Alfin Anshori dari Kabupaten Kotawaringin Barat, disusul Arif Hakiki dari Lamandau, dan juara ketiga Alfi Maulana dari Kota Palangka Raya.

Sementara itu juara pertama putri Mayada Azzahra dari Palangka Raya, posisi kedua diraih Desi Rahmawati dari Lamandau dan juara ketiga Siti Nur Azizah dari Barito Utara.

Juara pertama golongan anak-anak putra diraih Muhammad Zaini dari Pulang Pisau, juara kedua Muhammad Azryan Syafiq dari Barito Utara dan juara ketiga Muhammad Ikhwan Nur Fadilah dari Kobar.

Golongan anak-anak putri juara pertama diraih Sintia Febriani dari Sukamara, juara kedua Rahmi Khairida dari Pulang Pisau dan juara ketiga Sri Istiqamah dari Kobar.

Juara pertama golongan remaja diraih Muhammad Amin dari Kapuas, juara kedua Wahyu Andi Saputra dri Kobar dan juara ketiga Rahmadi dari Barito Utara.

Sementara juara pertama remaja putri diraih Nunuk Rima Aini dari Kobar, juara kedua Tina Hidayatullastri dari Sukamara dan juara ketiga Maria Ulfah dari Katingan.

Juara pertama golongan dewasa diraih Abdul Hakim Muhaimin dari Seruyan, kedua Haidiansyah Kobar dan juara ketiga Ahmad Junaidi dari Palangka Raya.

Sedangkan juara pertama putri diraih Yanti Susanti dari Barito Utara, kedua Hj Daratun Sumariyah dari Kobar dan juara ketiga Norhidayati dari Kotim.

Golongan qira’at sab’ah, qari terbaik pertama adalah Abdul Azim dari Kobar, kedua Rhomi Firmansyah dari Barito Utara dan juara ketiga Salikin dari Palangka Raya. Putri Wardah dari Katingan, kedua Maya Akidah dari Kobar dan juara ketiga Siti Rahmah dari Pulang Pisau.

Juara pertama hafiz 1 juz dan tilawah adalah Muhammad Bashory Junaidi dari Lamandau, kedua Indana Zulfa dari Barito Utara dan juara ketiga Muhammad Faqih Alwi dari Kobar. Hafizah Salma Humairo dari Palangka Raya meraih juara pertama, kedua Fatimatuzzahra dari Barito Utara dan Azkia Ramadhana dari Pulang Pisau juara ketiga.

Hafiz 5 juz dan tilawah diraih Aidul Sekipy dari Palangka Raya, juara kedua Rangga Iskandar Dinata dari Kotim, dan juara ketiga Jaiz Arifin Hidayatullah dari Barito Timur. Hafizah Ummi Latifatun Nadziroh dari Kapuas juara pertama, kedua Putri Salsabila dari Palangka Raya dan juara ketiga Zuhratul Fatayati dari Kobar.

Abdul Jabbar Rifandi dari Palangka Raya meraih juara pertama hafiz 10 juz disusul Supian Sauri dari Kapuas dan Makhrus Ali Wahid dari Kobar. Hafizah Wildatul Ainiyah dari Palangka Raya juara pertama disusul Rini Furwati dari Kapuas dan juara ketiga `Apipah dari Bartim.

Hafalan terbaik golongan 20 juz juara I diraih Aminah dari Barsel, kedua Firda Mihyati dari Kotim dan juara harapan III Nur Azizah dari Lamandau.

Juara pertama golongan 30 juz diraih Muhammad Umar Dani Palangka Raya disusul Ahmad Al Ma’syuri dari Kapuas dan harapan ketiga Muhammad Hisyam Ibnu Adi dari Kobar. Firda Fahriani dari Kotim diperingkat pertama, posisi kedua Zahratun Nisa, Barsel dan juara III Istiqamah Indah Utari dari Murung Raya.

Cabang tafsir Al Quran golongan Bahasa Arab, mufassirah juara I Norhasanah dari Barsel. Golongan Bahasa Indonesia, mufassir juara I Imam Mulhakim dari Kotim, juara harapan I Lamianor dari Barsel dan juara harapan kedua Fathurrahman dari Kapuas. Juara harapan pertama mufassirah diraih Nur Aini dari Kotim dan harapan III Maulidah.

Juara khath Golongan naskah cabang khath Al Quran kategori laki-laki juara pertama diraih Ambriansyah dari Palangka Raya disusul Joni dari Kotim dan juara ketiga Saftoni dari Barsel.

Juara pertama perempuan Trias Rami Nurcahyadi dari Lamandau, juara kedua Faridatul Hidayati dari Katingan dan juara ketiga Arbatina dari Kotim.

Golongan hiasan mushaf, juara pertama laki-laki adalah Firmansyah dari Katingan disusul Muhammad Nurul Anwar dari Barito Utara dan juara ketiga Akhmad Faruqi dari Kotim.

Juara pertama kategori perempuan diraih Jumiati dari Barut, juara kedua Sulastri Wulandari dari Murung Raya dan juara ketiga Siti Zulaiha dari Seruyan.

Golongan dekorasi kategori laki-laki, juara I Rustam Efendi dari Kotim, kedua Muhammad Husin dari Barsel dan juara ketiga Syamsul Huda dari Katingan. Kategori perempuan, juara pertama Raudah dari Katingan, kedua Nani Alfisah dari Kotim dan ketiga Ifadah Alawiyah dari Palangka Raya.

Juara pertama cabang Syarhil Quran diraih utusan Barut, kedua utusan Palangka Raya dan juara ketiga utusan Kobar. Cabang Fahmil Quran diraih utusan Palangka Raya posisi kedua dari Kapuas dan juara ketiga dari Kotim.

Untuk cabang Makalah Quran, juara pertama Atika Widyastuti B dari Barut, juara kedua Adi Supriawan dari Kotim dan juara ketiga Muhammad Abdul Basith dari Palangka Raya. (MI/Ant)