Demokrat Dukung Capres Yang Siap Lanjutkan Kebijakan SBY

Foto: Antara

Jakarta,sayangi.com– Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan menyatakan, suara kader partainya akan diarahkan pada capres-cawapres yang memiliki visi, platform, dan solusi kebijakan yang segaris dengan Partai Demokrat.

“Mulai hari ini, kami akan menyimak program dan solusi kebijakan yang ditawarkan kedua pasangan capres, khususnya bidang ekonomi, kesra, keadilan, pertahanan keamanan, serta hubungan luar negeri,” kata Syarief Hasan, dalam keterangan pers di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Selasa (20/5) sore.

Pada kesempatan tersebut, Syarief Hasan didampingi Sekjen Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono dan Direktur Eksekutif Partai Demokrat Totok Riyanto.

Syarief Hasan menambahkan, Partai Demokrat juga ingin memastikan mana pasangan capres-cawapres yang bersedia untuk melanjutkan kebijakan Pemerintahan SBY yang pro-rakyat dan nyata-nyata disukai rakyat.

Menurutnya, capres dan cawapres terpilih tentu bisa membuat program baru untuk kesejahteraan rakyat dan mengubah kebijakan yang telah dijalankan Pemerintahan SBY. “Tapi yang nyata-nyata disukai rakyat, sebaiknya dilanjutkan,” katanya.

Sebaliknya, kata Syarief, Demokrat tidak akan mendukung capres yang menjanjikan kebijakan yang tidak realistis atau kalau dipaksakan untuk dilaksanakan akan dapat membahayakan masa depan bangsa dan negara.

Dalam awal keterangan persnya, Syarief Hasan menjelaskan bahwa sesuai dengan hasil Rapimnas Demokrat tanggal 18 Mei 2014, sikap dan pilihan partai demokrat dalam pemilu presiden 2014 adalah tidak bergabung secara formal dengan kubu Joko Widodo atau Prabowo Subianto

“Sungguh pun tidak bergabung dengan kedua kubu capres yang ada, atau non-blok menurut istilah wartawan, suara kader Demokrat tidak golput,” kata Syarief.

Menjawab pertanyaan wartawan, Syarief mengakui bahwa pasangan Prabowo-Hatta sudah bertemu dengan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan menyatakan kesiapan untuk melanjutkan program pemerintahan saat ini yang pro-rakyat.

“Kita akan terus cermati dan kritisi program dan solusi kebijakan yang dikampanyekan oleh kedua pasangan capres-cawapres. Pada saatnya Partai Demokrat akan menentukan sikapnya kemana akan mengarah, tentunya melalui mekanisme organisasi,” kata Syarief.