KPK: Dana Haji Yang Disidik Terkait SDA Lebih 1 Triliun

Foto: Sayangi.com

Jakarta, Sayangi.com – Komisi Pemberantasan Korupsi telah menetapkan Menteri agama Suryadharma Ali (SDA) sebagai tersangka terkait kasus dana penyelenggaraan haji periode 2012-2013. Juru Bicara KPK menyebutkan, dalam pengusutan kasus ini penyidik KPK melakukan penyelidikan hingga ke Arab Saudi.

“Sejak hari ini KPK menetapkan SDA selaku Menteri Agama sebagai tersangka,” kata Johan Budi di gedung KPK Jakarta, Kamis (22/5).

Johan menyebut penetapkan status tesangka terhada Suryadharma Ali dilakukan setelah dilakukan gelar perkara dua kali dalam minggu ini.

“Pekan lalu dilakukan gelar perkara dan dilanjutkan kemarin, hasilnya disimpulkan bahwa dalam proses penyelenggaraan dana haji 2012-2013 telah terjadi tindak pidana korupsi,”

Menurut Johan, jumlah anggaran negara yang diselidiki dalam kasus haji berjumlah lebih dari 1 tirliun rupiah. Namun, jumlah pasti kerugian negara dalam kasus ini masih dalam proses penghitungan.

Johan Budi menegaskan, penetapan tersangka Suryadharma Ali sama sekali tidak terkait masalah politik. Selain SDA tidak tertutup kemungkinan akan ada tersangka baru karena dalam surat perintah penyidikan (sprindik) dalam kasus ini, menurut Johan Budi, tertulis untuk tersangka SDA dan kawan-kawan.