Ikuti Jejak Ayah, Sandy Tumiwa Kembali Jadi Mualaf

Foto: Istimewa

Jakarta, Sayangi.com – Aktor sekaligus mantan model Sandy Tumiwa dikabarkan telah menjadi mualaf. Suami dari artis Tessa Kaunang ini kembali memeluk agama yang dianutnya sewaktu kecil.

Seperti diketahui, Sandy terlahir di keluarga Muslim. Ibunya, Amalia Nurshanty, SE, adalah seorang Muslim keturunan keraton Yogyakarta. Sedangkan Ayah Sandy, Denni Wim Marcus Tumiwa, merupakan seorang pendeta yang kemudian menjadi mualaf. Sandy menjadi seorang Nasrani setelah kedua orantuanya bercerai. Namun kini, Sandy memutuskan untuk kembali kepada ajaran Islam.

Dalam sebuah tayangan televisi, Sandy membenarkan kabar tersebut. Aktor kelahiran tahun 1982 itu mengungkapkan jika dirinya kembali masuk Islam pada tanggal 25 April 2014 lalu. Ia mengucapkan dua kalimat syahadat dihadapan para saksi. Upacara tersebut dipimpin oleh seorang habib yang berasal dari Yaman, Faizal al Fagar.

“Aku kembali ke Islam itu sekitar tiga pekan ya atau sekitar sebulanan yang lalu di Masjid Al-Ikhlas, kawasan petukangan. Alhamdulillah saya sudah mengerjakan shalat lima waktu juga,” ungkapnya dalam tayangan tersebut, Sabtu (24/5) malam.

Sementara itu Tessa, sang istri yang seorang Nasrani, juga sempat membenarkan kabar tersebut. “Kalau Sandy mualaf, itu memang benar. Baru sejak 25 April,” jelas Tessa saat ditemui wartawan di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Sabtu (24/5).

Lalu apa alasan Sandy Tumiwa kembali meyakini Islam?

“Islam itu menurut saya agama yang hakiki. Saya banyak belajar hal disini. Selama 4 minggu saya belajar, sekarang ilmu agama saya juga jadi lebih luas,” papar Sandy.

Kepada khalayak, Komisaris perusahaan investasi online bernama PT CSM Bintang itu memohon doa serta dukungannya untuk menjadi yang lebih baik lagi. Setelah menjadi mualaf, Sandy juga berencana melaksanakan umroh ke Tanah Suci bersama Ibundanya.

“Ke depannya saya minta didoakan masyarakat agar saya bisa istiqomah, menjadi manusia yang lebih baik lagi. Saya juga berencana akan berangkat umroh bareng mama,” tutur Sandy.

Sementara itu, Tessa sempat mengaku terkejut dengan keputusan Sandy yang disebut-sebut mendadak. Tessa juga tak menampik bahwa ada gejolak dalam rumah tangga mereka terkait keputusan sang suami. Namun begitu, Tessa mengaku pasrah dan menerima apapun keputusan yang telah diambil suaminya tersebut.

“Ya, begitu lah. Sebenarnya saya bisa dibilang mendukung, tapi saya sudah pasrah dengan apa yang terjadi. Jadi mau enggak mau saya memang harus menerima,” papar Tessa.(SIS)