Mantan Pemimpin Komunis Polandia Wojciech Jaruzelski Meninggal

Warsawa, Sayangi.com –  Mantan Pemimpin Komunis Polandia Jenderal Wojciech Jaruzelski meninggal dunia pada usia 90 setelah lama sakit.

Jaruzelski adalah memimpin Polandia dari tahun 1981, ketika ia mengumumkan keadaan darurat dan memerintahkan penangkapan kelompok solidaritas pro demokrasi pemimpin Lech Walesa. Namun, Setelah timbul kerusuhan ia akhirnya bernegosiasi dengan kelompok solidaritas pada tahun 1989.

Jeruzelski telah lama menderita sakit karena kanker, masalah jantung dan pneumonia. Pimpinan terakhir komunis Polandia tersebut meninggal Minggu di sebuah rumah sakit Warsawa setelah menderita stroke awal bulan ini. Demikian dikatakan juru bicara rumah sakit Grzegorz Kade, seperti dilansir The Associated Press, Senin (26/5) dini hari WIB.

Selama perang dunia kedua, Jaruzelski bertempur di unit Polandia untuk tentara Rusia dan setelah perang menjadi kepala “pejabat politik” Angkatan Bersenjata Polandia.

Dia pernah menjabat sebagai menteri pertahanan pada saat tahun 1968, ketika invasi Soviet ke Cekoslowakia, di mana tentara Polandia turut ambil bagian dalam invasi tersebut. Ia pernah diadili dalam kasus penembakan puluhan pekerja galangan kapal di kota-kota utara Gdansk dan Gdynia pada tahun 1971. Jeruzelski membantah semua tuduhan tersebut.

Jenderal Jaruzelski mengundurkan diri sebagai presiden pada tahun 1990 dan digantikan oleh Walesa.