Hari Ini KPU Pamekasan Sidang di MK

Foto: Sayangi.com

Pamekasan, Sayangi.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pamekasan, Pulau Madura, Jawa Timur, dijadwalkan menjalani sidang sengketa terkait Pemilu Legislatif 2014 di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Senin (26/5) hari ini.

“Saat ini rekan saya anggota KPU Didin Sudarman sudah berangkat ke Jakarta untuk rencana menghadiri sidang di MK itu besok (Senin, red),” kata Komisioner KPU Pamekasan Agus Kasianto, Minggu sore, seperti dikutip Antara.

Agus menjelaskan, sidang sengketa pemilu yang akan disidangkan di MK Senin (26/5) itu, atas gugatan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Pamekasan.

Kedua partai politik ini menggugat hasil perolehan suara partainya pada pemilu lalu, yang diduga berkurang. Diduga data hasil perolehan suara sengaja diubah oleh oknum penyelenggara pemilu.

“Oleh karena itu, mereka melayangkan gugatan ke MK dan kami di KPU Pamekasan telah menyediakan berkas yang dibutuhkan untuk pembuktian di persidangan,” kata Agus.

Menurut Agus, pihaknya telah membuka sebanyak 158 kotak suara, guna mengambil berkas C plano sebagai alat bukti di persidangan.

“Pak Didin itu membawa semua alat bukti yang ada di kotak suara tersebut,” katanya menjelaskan.

Kasus sengketa pemilu yang diajukan dua partai politik peserta pemilu itu, karena ditemukan adanya perubahan data hasil perolehan suara di tingkat desa dengan tingkat kabupaten.

Menurut juru bicara PKB Pamekasan Juhaini, pihaknya telah minta KPU untuk melakukan penghitungan ulang hasil perolehan suara pemilu, namun tidak diindahkan.

“Oleh karena itu, kami menuntut agar kasus ini diselesaikan melalui jalur hukum,” kata Juhaini.

Penyelenggara pemilu di Kabupaten Pamekasan, yang disengketakan, tidak hanya Komisi Pemilihan Umum (KPU), akan tetapi juga Panitia Pangawas Pemilu (Panwaslu).