Temui SBY di Bogor, Suryadharma Ali Mundur Sebagai Menag

Foto: Antara

Bogor,sayangi.com– Menteri Agama Suryadharma Ali (SDA) mundur sebagai menteri agama RI.

Pengunduran diri SDA sebagai menteri agama disampaikan dalam pertemuan dengan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Wakil Presiden Boediono di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (26/5).  Pertemuan tersebut juga dihadiri Menko Kesra Agung Laksono dan Mensesneg Sudi Silalahi.

Usai pertemuan tersebut, Mensesneg Sudi Silalahi mengatakan kepada wartawan, SDA menjelaskan kepada Presiden dan Wakil Presiden statusnya yang telah ditetapkan oleh KPK sebagai tersangka kasus penyimpangan dana haji. Menurut Sudi, SDA tidak merasa bersalah dan melaporkan kinerja Kemenag menunjukkan perbaikan pelayanan haji dari tahun ke tahun.

Meski merasa tidak bersalah, kata Sudi Silalahi, SDA dalam pertemuan itu mengembalikan kepercayaan yang diterimanya sebagai Menteri Agama dalam Kabinet Indonesia Bersatu II kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

Menurut Mensesneg, Presiden SBY meminta SDA untuk menulis surat pengunduran diri secara tertulis dalam waktu satu dua hari ini untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan.

Presiden SBY dalam pertemuan itu menyampaikan harapan agar peristiwa yang menimpa SDA tidak mengganggu kinerja pelayanan haji pada tahun 2014 ini.

Presiden, kata Sudi, juga menyatakan kepada SDA bahwa tersangka bukanlah akhir dari segala-galanya dan meminta SDA mempersiapkan sebaik-baiknya dalam menghadapi kasus hukum yang menimpanya.

“Kami menghormati asas praduga tak bersalah,” kata Presiden sebagaimana ditirukan oleh Mensesneg.

SDA diterima Presiden SBY sekitar pukul 11.30 WIB. Pada saat bersalaman dengan Wapres Boediono, secara spontan Wapres merangkul SDA. (Ant)