Berhala Seharga 50 Kg Emas Ditemukan Seorang Nelayan

Foto: Dailymail

Tisul, Sayangi.com – Seonggok berhala yang diduga berasal dari zaman perunggu sekitar 4.000 tahun lalu ditemukan seorang nelayan Rusia saat memancing ikan.Patung perwakilan dewa itu tak sengaja tersangkut di jala sang nelayan saat memancing ikan di Desa Tisul, Rusia bagian selatan.

Adalah Nikolay Tarasov, nelayan yang menemukan berhala tersebut terjaring didalam jala pancingnya. Ia menyangka jalanya menangkap ikan besar, namun ternyata sebuah patung berharga.

“Jaring saya sulit ditarik. Saya pikir ikan atau malah batu biasa. Saya tidak menyangka ini temuan berharga,” ujar Tarasov, seperti dikutip Surat Kabar The Daily Mail, (27/5).

Berhala wujud dewa ini memiliki tinggi 30 sentimeter dan lebar lima sentimeter. temuan tersebut hampir saja dibuang Tarasov, sampai akhirnya dia menyadari batu usang tersebut memiliki wajah, ia memutuskan untuk menunjukannya kepada pihak arkeolog atau museum terdekat.

Direktur Museum Sejarah Tisul mengatakan bahwa temuan Tarasov itu sangat berharga sebab produk di zaman perunggu sangatlah langka. Batu berhala temuan Tarasov itu disinyalir lebih berharga dari 50 kilogram emas. Namun demi penelitian dan ilmu pengetahuan, Tarasov memberikan batu berhala tersebut kepada pihak museum secara cuma-cuma tanpa meminta kompensasi apapun.(SIS)