Konsumsi Kopi Saat Hamil, Bolehkah?

Foto: E Journal Article

Jakarta, Sayangi.com – Ketika Anda sedang hamil, sudah pasti Anda akan mengurangi berbagai asupan yang kurang baik bagi tubuh dan juga janin dalam kandungan Anda. Seperti halnya dengan mengonsumsi kopi, para ibu hamil memang disarankan untuk menghindari kopi selama masa kehamilan.

Bagi wanita hamil memang dianjurkan untuk dapat menghindari mengonsumsi kopi karena asupan kafein yang berlebihan selama masa kehamilan terutama pada masa trimester pertama dapat menyebabkan keguguran dan juga berbagai masalah kesehatan lainnya yang berhubungan dengan janin. Demikian seperti dilansir TheHealthSite (29/5/14).

Namun bagaimana dengan para wanita yang memiliki kecanduan dalam meminum kopi. Menghilangkan kebiasaan minum kopi bagi wanita yang kecanduan kopi memang tidaklah mudah.

Seorang ahli gizi Deepshikha Agarwal mengatakan bagi para ibu hamil yang memang tidak dapat meninggalkan kopi dapat mengubah cara mengkonsuminya dengan cara membatasi hanya dua cangkir sehari. Selain itu asupan kafein bagi wanita hamil juga disarankan hanya 150 mg per hari tidak boleh lebih.

“Untuk menghindari komplikasi pada kehamilan dan juga janin, lebih baik minum kopi dua cangkir sehari, di pagi hari dan juga pada malam hari, ujar Agarwal.

Jadi jika Anda merupakan salah satu wanita yang memiliki kecanduan meminum kopi,  setelah Anda dinyatakan hamil maka Anda dapat mengubah cara mengkonsumsinya dengan membatasinya hanya dua kali sehari saja. Hal tersebut dilakukan agar janin yang Anda kandung tetap sehat. Semoga bermanfaat.(SIS)