Jokowi: Gunakan Kekuatan Relawan Tanpa Bayaran

Bandung, Sayangi.com – Calon Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menggunakan kekuatan relawan tanpa bayaran dalam mendukung pencalonannya bersama calon Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) pada pemilihan presiden 2014.

“Bapak ibu hadir disini ada yang bayar? Inilah sebetulnya kekuatan kita, ini adalah kekuatan kita,” kata Jokowi saat orasi politik deklarasi dukungan sesepuh Jabar kepada Jokowi-JK di Gor Citra, Kota Bandung, Kamis.

Ia mengungkapkan pencalonan Jokowi-JK hanya mengandalkan kekuatan relawan yang banyak untuk memenangkan pemilihan presiden 2014 lalu membangun bersama bangsa Indonesia.

Berbeda dengan pihak lain yang mencalonkan presiden, menurut Jokowi uang dan dukungan partai politiknya banyak.

“Kalau yang disana kekuatan duitnya banyak kita tidak punya kekuatan itu (uang), yang disana kekuatan partainya banyak tapi disini kekuatan relawannya banyak sekali,” kata Jokowi.

Ia mengungkapkan justru sebaliknya para relawan Jokowi-JK memberikan sumbangan menyediakan kaos, stiker, baliho dan spanduk dengan warna yang berbeda-beda.

“Ini (sumbangan kaos, stiker, spanduk, baliho) semua dari relawan, bukan dibuat darimana kemudian diturunkan disini. Ini sebetulnya kekuatan relawan, kekuatan masyarakat,” kata mantan Wali Kota Solo dua periode itu.

Jokowi mengajak seluruh relawan, termasuk partai politik pengusung dan pendukungnya untuk bergerak bersama-sama melakukan kampanye dengan mendatangi rumah warga untuk menyosialisasikan sosok Jokowi-JK.

“Jokowi seperti ini JK seperti ini, yang disana seperti itu, jangan sampai masyarakat tidak tahu, harus diberitahu,” katanya.