Tips Praktis Melatih Anak Berhenti Mengompol

Foto: Parenting Forums

Jakarta, Sayangi.com – Mengompol adalah salah satu dari masalah klasik yang sering dihadapi para ibu ketika si kecil sudah bertambah usia. Pada usia yang cukup memang biasanya para ibu mulai mengajarkan sang anak untuk dapat pergi kekamar mandi alias toilet training. Namun tidak sedikit para ibu yang bingung meskipun anaknya sudah dapat pergi kekamar mandi sendiri namun setiap malam tetap saja masih mengompol.

Mengompol sebenarnya merupakan salah satu masalah yang banyak dihadapi oleh anak-anak. Banyak orang tua yang beranggapan bahwa anak yang masih mengompol merupakan anak yang malas dan juga jorok. Padahal banyak yang menjadi pemicu mengapa anak tetap saja mengompol meskipun usianya sudah cukup besar. Berikut beberapa langkah praktis yang dapat dipraktekan bersama si kecil untuk melatihnya berhenti mengompol seperti yang dilansir supernanny.co.uk. :

Sebelum Anda mulai menerapkan beberapa tips ini, jelaskan terlebih dahulu kepada si kecil bahwa Anda hanya mencoba untuk membantunya menyelesaikan masalah mengompolnya, bukan untuk memerintahnya.

  • Hindari memberikan minum pada si kecil, minimal 1,5 jam sebelum si kecil tidur.
  • Untuk melatih kekuatan kontrol kandung kemih cobalah dengan memberinya waktu dengan alarm dan jangka waktu tertentu, misalnya per 1 jam sekali.
  • Jangan mematikan lampu kamar anak Anda, nyalakan lampu kecil agar ketika anak Anda terbangun dan hendak ke toilet ia tidak takut karena gelap.
  • Setiap kali setelah anak Anda mengompol, maka mintalah ia untuk membantu Anda membereskan sprei yang terkena basahan ompol tersebut. Jangan membentak atau memarahinya ketika anak Anda kembali mengompol.

Coba terapkan tips tersebut kepada anak Anda, namun jika ternyata mengompol pada anak Anda masih tetap berkelanjutan selama periode waktu tertentu, maka cobalah untuk memeriksakan anak Anda ke dokter agar dapat diketahui masalah medis apa yang dialami oleh anak Anda.(SIS)