Wapres Boediono Ke Bengkulu Peringati Hari Lahir Pancasila

Jakarta, Sayangi.com – Wakil Presiden Boediono bertolak ke Bengkulu untuk menghadiri peringatan hari lahirnya Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni, sekaligus berencana meninjau sejumlah tempat bersejarah saat pengasingan Presiden Soekarno di kota itu.

Setwapres dalam keterangan yang diterima Antara di Jakarta, Minggu, menyebutkan Wapres yang didampingi Ibu Herawati Boediono menuju Bengkulu dengan menggunakan pesawat Khusus Boeing 737-400 TNI AU dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma.

Upacara peringatan Hari Pancasila akan dipusatkan di Lapangan Balai Raya Semarak dengan tema peringatan adalah “Merajut Merah Putih Dari Bumi Raflesia”.

Selain menghadiri Hari Pancasila, Wapres juga akan meninjau Rumah Sakit Bhayangkara dan Pelabuhan Baai yang dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia II Cabang Bengkulu.

Setahun lalu yaitu 1 Juni 2013, Wapres Boediono memperingati hari lahirnya Pancasila dipusatkan di Lapangan Pancasila, Ende, yang juga tempat pengasingan Soekarno.

Dalam acara yang dihadiri oleh Ketua MPR (saat itu) almarhum Taufiq Kiemas, Wapres Boediono dan rombongan berjalan menuju Taman Rendo yang terletak sekitar 50 meter dari tempat upacara peringatan Hari Lahirnya Pancasila.

Di Taman Rendo, Wapres membuka selubung Monumen Bung Karno yang terletak di bawah Pohon Sukun.

Saat diasingkan di Ende 1934-1938, Soekarno memikirkan nilai- nilai Pancasila di bawah Pohon Sukun.

Setelah membuka selubung Monumen Bung Karno, Wapres Boediono selanjutnya menuju rumah pengasingan Bung Karno selama di Ende.