Pengundian Nomor Urut: Jokowi dari Timur, Prabowo dari Barat

Foto: Sayangi.com

Jakarta, Sayangi.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) membagi arah kedatangan masing-masing pasangan capres dan pendukungnya ke dalam dua jalur berbeda saat pengambilan nomor urut, Minggu (1/6). KPU telah menyepakati untuk memisahkan jalur kedatangan kedua pasangan capres-cawapres yaitu melalui jalur barat atau dari Bundaran HI dan melalui jalur timur atau dari Menteng.

Anggota KPU Arif Budiman menjelaskan, jalur timur atau Menteng akan dilalui oleh pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla, sedangkan untuk jalur barat atau Bundaran HI dilalui oleh pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa.

“Sudah disepakati satu berangkat dari jalur timur atau Menteng dan satu dari barat atau Bundaran HI, sudah dilakukan penentuan siapa yang datang dari barat dan timur. Kalau sampai bersamaan tidak masalah,” kata Komisioner KPU Arief Budiman di Gedung KPU Jakarta , Sabtu (31/5/).

Untuk mengantisipasi menumpuknya simpatisan yang ikut hadir mengantarkan kedua pasangan calon ke gedung KPU. Arief mengatakan pihaknya akan membatasi jumlah pendukung yang boleh masuk ke dalam KPU.

“Kita atur lebih rapi lagi, kemungkinan 100 orang boleh di bawah di halaman parkiran dan di atas hanya boleh 50 pendukung plus 10 LO, jadi total yang diatas hanya 60,” katanya.

Rencananya, pengundian nomor urut berlangsung pada Minggu (1/6) hari ini pukul 14.00 WIB di Ruang Rapat lantai 2 KPU. KPU juga mewajibkan kedua pasangan capres dan cawapres untuk hadir dalam pengundian nomor urut.