Mulai Malam Ini Bus TransJakarta Beroperasi 24 Jam

Foto: Antara

Jakarta,sayangi.com– Mulai Minggu (1/6) malam ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan uji coba bus TransJakarta malam hari yang beroperasi mulai pukul 23.00-05.00 WIB. Dengan demikian, bus TransJakarta atau populer disebut dengan Busway, beroperasi selama 24 jam melayani warga Ibu Kota.

Untuk sementara, program angkutan malam hari (amari) hanya melayani tiga koridor, yakni koridor I (Blok M-Kota), koridor III (Kalideres-Harmoni), dan koridor IX (Pluit-Pinangranti). Masing-masing koridor akan dilayani oleh 6 unit bus, sehingga total bus yang dikerahkan untuk program Amari berjumlah 18 unit.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Muhammad Akbar mengatakan, tiga koridor tersebut dianggap paling ramai sehingga diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan penumpang. Jika uji coba berhasil, katanya, tidak menutup kemungkinan akan diterapkan di koridor lain.

Tarif bus TransJakarta malam hari adalah Rp3.500 atau sama dengan tarif busway pukul 07.00-23.00. Tarif busway termurah adalah pada pukul 05.00-07.00 WIB, yakni Rp2.000.

Untuk mendukung program angkutan malam hari tersebut, Unit Pengelola (UP) Transjakarta akan menerapkan sistem shift atau giliran kerja untuk petugas pengemudi, penjaga loket halte dan onboard.