Luar Biasa, Mantan Supir Bemo Punya 6 Anak Mahir Bahasa Asing

Jakarta, Sayangi.com – Pasangan suami istri Sofyan Suri (62) dan Siti Nasuha terlihat terharu begitu dewan juri menetapkan pasangan tersebut sebagai pemenang keluarga sakinah tingkat Jakarta Timur.

Sofyan yang pernah menjadi supir bemo ini berhasil mengantarkan delapan anaknya meraih kesuksesan dan taat beragama. Bahkan, anak bungsunya kini tengah mengenyam pendidikan di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir.

Pengunjung dan tim juri Keluarga Sakinah tingkat DKI Jakarta dibuat haru saat Sofyan membacakan profil keluarganya. Pria asal Betawi ini sempat terhenti berbicara saat menyampaikan permohonan maaf kepada istrinya, Nasuha. Secara tulus, di hadapan tim juri, Walikota Jakarta Timur HR Krisdianto dan ratusan warga, Sofyan menyampaikan terima kasih kepada istrinya yang telah 40 tahun mendampinginya.

Bukan hanya itu, pengunjung dan tim juri juga dibuat kagum saat anak-anak Sofyan diminta memperkenalkan diri di hadapan para pejabat. Keenam anak Sofyan memperkenalkan diri menggunakan enam bahasa asing yang berbeda, yakni bahasa Inggris, Jepang, Korea, Arab, Jerman, dan terakhir disampaikan anak bungsunya, Choriah Ikrima, yang menggunakan bahasa Arab melalui rekaman dari Mesir.

“Anak saya ada 11 orang namun 3 orang sudah meninggal dunia. Putri bungsu saya sekarang masih kuliah di Al-Azhar,” ujarnya, Kamis [12/6].

Anak Sofyan diantaranya, Nur Ali Fikri (Diploma III STIE Indonesia Assayafi’iah), Safinatunnaja (Pasca Sarjana UNJ), Yusliha Amaliah (Sarjana Stiami), Aliyah Farhana (Guru Bahasa Korea), Dailamy Syukron (mahasiswa Ilmu Hadits), dan Choriah Ikrima (mahasiswi Al-azhar).

Sofyan menceritakan, ekonomi keluarganya memang sangat pas-pasan. Istrinya tak pernah mengeluh dan sangat pengertian. “Saat hanya ada dua telur, istri saya menggorengnya dengan sangat tipis, agar anak-anak saya bisa makan semuanya,” katanya.

Daylami Syukron, salah seorang putera Sofyan mengatakan, ayahnya menekankan pendidikan akhlak yang baik  kepada anak-anaknya.

“Ayah kami mengajarkan, dalam keadaan apapun jangan sampai makan makanan yang tidak halal, itulah prinsip ayah kami,” kata pria yang biasa disapa Iday itu kepada sayangi.com di Jakarta, Jumat (13/6).

Keluarga Sofyan Suri-Siti Nasuha terpilih mewakili Jakarta Timur dalam lomba Keluarga Sakinah Teladan tingkat DKI Jakarta. Lomba ini digelar oleh Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta. Jika menang, Sofyan bakal mewakili DKI di tingkat nasional.