Studi: Punya Bos Galak Beresiko Terkena Serangan Jantung

Foto: Istimewa

Swedia, Sayangi.com – Memiliki bos dengan karakter keras dan galak memang memusingkan dan pasti membuat stress. Namun tahukan Anda, tak hanya membuat stress, mempunyai bos galak juga menimbulkan resiko serangan jantung.

Hal tersebut dipaparkan dari hasil penelitian yang dilakukan Karlinska Institute, Swedia. Bahwa karyawan yang memiliki bos dengan karakter keras dan galak beresiko 25% lebih tinggi terserang penyakit jantung ketimbang dengan bos yang menyenangkan atau disukai.

Penelitian ini melibatkan 20 ribu karyawan di Swedia, Jerman, Finlandi, Italia dan Polandia. Penelitian ini juga berlangsung dalam waktu yang cukup lama, yakni 10 tahun lamanya.

Menurut Dr Redford Williams, Direktur Behavioral Medicine Research Centre dari Duke University, Amerika Serikat, hormon stres yang dilepaskan oleh tubuh berpengaruh dalam meningkatnya tekanan darah dan kadar gula darah, bahkan dapat membuat sel darah lebih kental. Kondisi tersebut menimbulkan resiko penyumbatan pembuluh darah yang bisa menimbulkan serangan jantung atau stroke.

Jika Anda memiliki bos galak atau memiliki atasan yang kerap bersikap menyebalkan, ada baiknya Anda menghindari stress dan lebih menjaga kesehatan jantung Anda.