Kaya Manfaat, Hindari Buang Kulit Sayuran dan Buah Ini

Foto: Outtolunchcreation.com

Jakarta, Sayangi.com – Orang tua seringkali menasehati kepada anak-anaknya untuk tidak membuang makanan dengan percuma. Namun tahukah Anda bahwa tanpa kita sadari selama ini kita telah membuang banyak makanan yang ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Banyak buah-buahan dan sayuran yang memiliki daun, kulit serta tangkai yang ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. tidak jarang yang bahkan mafaatnya melebih daging buah ataupun saun sayuran itu sendiri.

Menurut Laurence Beeken, salah seorang Food Information Executive di Weight Loss Resources mengatakan bahwa ada beberapa makanan yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Namun beberapa makanan ini tanpa sadar telah kita sia-siakan dengan membuangnya. Berikut beberapa makanan yang terbiasa dibuang namun bermanfaat, seperti dilansir Healt Me Up (15/5/14) :

Kulit Bawang Merah/Bawang Putih
Ketika Anda mengupas bawang sudah pasti secara otomatis Anda akan membuang kulitnya. Namun tahukah Anda bahwa ternyata kulit bawang merah dan juga bawang putih mengandung banyak quercetin. Quercentin ini adalah sebuah senyawa flavonoid pada tanaman yang mengandung banyak antioksidan dan sangat berguna untuk meningkatkan kesehatan kita.

Quercetin dapat membantu mengurangi pelepasan histamin yang sangat bermanfaat bagi penderita demam atau alergi rhinitis. Anda bisa menambahkan kulit bawang pada sup atau sayur, akan tetapi kemudian angkat/buang sebelum disajikan.

Kulit Melon
Kulit melon sangat kaya akan kandungan sitrulin dan juga asam amino. Sitrulin dan asam amino ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan juga melebarkan pembuluh darah. Untuk mengkonsumsinya, Anda dapat mencampurkan kulit melon kedalam jus melon buatan Anda, maka Anda akan mendapatkan minuman yang lezat sekaligus bergizi.

Batang Brokoli
Pada brokoli biasanya tangkai adalah bagian brokoli yang pertama kita buang. Akan tetapi tahukah Anda bahwa tangkai brokoli sebenarnya mengandung karotenoid, yaitu pigmen tanaman yang bisa diubah tubuh menjadi vitamin A dan bisa membantu mencegah penyakit kanker. Jadi ada baiknya Anda tidak usah membuang tangkai brokoli ini melainkan, Anda bisa memasaknya seperti memasak brokoli pada umumnya.

Kulit Jeruk
Selain mengandung banyak vitamin C, jeruk dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami. Namun tidak hanya buah jeruk saja yang memiliki manfaat bagi tubuh, kulit jerukpun ternyata mengandung banyak serat dan vitamin. Anda bisa menambahkan kulit jeruk ini ke dalam minuman smoothie yang segar dengan cara diblender terlebih dahulu.

Tangkai Kembang Kol
Untuk sayuran yang satu ini, kita terbiasa memotongnya hanya sampai kuntumnya saja, sementara tangkai dari kembang kol kita buang ket tempat sampah. Padahal tangkai pada sayuran brokoli atau kembang kol memiliki rasa manis dan kaya akan serat dibandingkan dengan kuntumnya. Jadi Anda bisa memasaknya selama beberapa menit dengan memasukkannya ke dalam panci berisi air yang ditambahkan garam dan didihkan sebelum memasak sisanya.

Kulit Buah Kiwi
Bagian berbulu dari buah kiwi mengandung tiga kali lebih banyak antioksidan dibandingkan dengan buahnya. Selain itu kulit buah kiwi dianggap memiliki kandungan anti kanker dan anti alergi. Jadi Anda bisa menambahkan kulit buah kiwi bersama dengan buahnya ketika hendak menikmati jus kiwi agar mendapatkan manfaat penuh dari buah kiwi beserta kulitnya.(SIS)