Koalisi Merah Putih Teken Komitmen Kawal Prabowo-Hatta

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta,sayangi.com– Koalisi Merah Putih, yang beranggotakan 7 parpol pendukung capres dan cawapres nomor urut 1 Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, Senin (14/7) sore menandatangani kesepakatan di Taman Proklamasi, Jakarta, untuk berkomitmen menjaga kedaulatan NKRI dan mengawal pemerintahan Prabowo-Hatta yang diyakini akan memenangkan Pilpres 2014.

Acara diawali dengan sambutan para ketua umum parpol yang merupakan anggota koalisi merah putih, yakni Ketua Umum DPP Golkar Aburizal Bakrie, ketua umum DPP Gerindra Suhardi, Ketua Umum DPP PAN Hatta Rajasa, Ketua Umum DPP PKS Anis Matta, Ketua Umum DPP PPP Suryadharma Ali, dan Ketua Umum DPP PBB MS Kaban. Sedangkan sambutan dari Partai Demokrat disampaikan oleh Ketua DPD Demokrat DKI Jakarta Nachrowi Ramli.

“Seharusnya ini dihadiri oleh ketua harian DPP bapak Syarif Hasan. Sepertinya beliau berhalangan, mungkin karena macet. Tapi saya yakin, Partai Demokrat masih bersama Pak Prabowo,” kata Nachrowi saat memberi kata sambutan.

Kesepakatan koalisi merah putih antara lain berisi komitmen untuk menjaga empat pilar, yakni Pancasila, UUD 45, keutuhan NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Juga kesepakatan untuk bersama-sama di DPR dan pemerintahan untuk mengawal pasangan Prabowo-Hatta Rajasa yang diyakini akan memenangkan Pilpres 2014.

Usai penandatanganan naskah kerjasama, Prabowo Subianto ditetapkan sebagai pembina dari koalisi merah putih yang berlaku sampai tahun 2019.

Dalam sambutannya, Prabowo Subianto menyatakan merasa terhormat menjadi pembina koalisi ini.

“Saya yakin bersama 7 partai yang tergabung di sini, kita akan mampu mewujudkan Indonesia bangkit,” kata Prabowo, disambut ribuan massa yang memadati Taman Proklamasi.

Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah tokoh yang tergabung dalam koalisi merah putih, seperti Akbar Tandjung, Amien Rais, Hary Tanoesoedibjo, Mahfud MD, dan Hidayat Nur Wahid.

Makna Ramadhan

Presiden PKS Anis Matta dalam sambutannya menjelaskan bahwa Koalisi Merah Putih sengaja memilih bulan suci Ramadhan untuk menandatangani piagam koalisi permanen. Alasannya, karena kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945 juga diproklamasikan oleh Soekarno-Hatta pada bulan Ramadhan.

Menurut Anis, ketujuh partai koalisi yang telah mengusung pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa pada Pemilu Presiden 2014 harus bekerja untuk rakyat. Komitmen perbaikan bangsa yang telah disampaikan selama masa kampanye harus diwujudkan jika Prabowo-Hatta keluar sebagai pemenang pilpres.