Jokowi-JK Unggul di Kota dan Kabupaten Semarang

Foto: Sayangi.com/Dok

Semarang,sayangi.com– Pasangan capres dan cawapres nomor urut 2 Joko Widodo-Jusuf Kalla unggul di Kota Semarang dan Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Berdasarkan rekapitulasi hasil perhitungan suara Pemilu Presiden 2014 di KPU Kota Semarang, pasangan Jokowi-JK meraih 624.289 suara atau 68,1 persen dari total suara sah sebanyak 916.785. Sedangkan pasangan Prabowo-Hatta Rajasa meraih 292.496 suara atau 31,9 persen dari total suara sah.

Menurut Ketua KPU Kota Semarang Henry Wahyono, saat membacakan hasil rekapitulasi suara di Balaikota Semarang, Rabu (16/7) petang, pasangan Jokowi-Jusuf Kalla unggul di 16 kecamatan yang ada di wilayah Kota Semarang.

Pada rapat pleno rekapitulasi, saksi pasangan Prabowo-Hatta sempat mempermasalahkan adanya dugaan kecurangan seperti pemilih ganda dan dugaan adanya mobilisasi massa ke tempat pencoblosan suara (TPS). Menurut saksi tersebut, banyak pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT maupun daftar pemilih khusus (DPK) bisa menggunakan hak pilihnya dengan menggunakan formulir A5.

Namun, Henry Wahyono menyatakan bahwa dugaan adanya mobilisasi massa tersebut tidak ada buktinya.

Jokowi-Jusuf Kalla juga unggul di Kabupaten Semarang berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pilpres 2014 yang dilakukan KPU Kabupaten Semarang di gedung Monumen PKK Jateng, Ungaran, Rabu (16/07).

Menurut Ketua Ketua KPU Kabupaten Semarang Guntur Suhawan, pasangan Jokowi-Jusuf Kalla memperoleh 359.428 suara atau 61,2 persen dari total suara sah sebesar 587.030 suara. Sedangkan pasangan Prabowo-Hatta Rajasa memperoleh 227.602 suara atau 38,8 persen dari total suara sah.