Setelah Banyak Korban, Akhirnya Israel Setuju Gencatan Senjata

Tel Aviv, Sayangi.com – Sebuah kesepatakan gencatan senjata menyeluruh telah dicapai untuk mengakhiri perang antara Israel dan kelompok Hamas di Gaza, seperti diungkapkan seorang pejabat Israel.

Gencatan senjata itu akan dimulai Jumat 18 Juli pada pukul 06.00 pagi waktu setempat.

Sebelumnya Hamas dan Israel sepakat untuk menghentikan peperangan selama lima jam pada Kamis 17 Juli untuk memungkinkan warga Gaza mengumpulkan pasokan pangan.

Namun militer Israel mengatakan tiga mortir ditembakkan dari Gaza ke Israel pada masa gencatan senjata tersebut, tetapi belum ada pernyataan dari Hamas terkait tembakan mortir.

Kesepakatan gencatan senjata terbaru ini dicapai menyusul pembicaraan di Mesir, yang berupaya menjadi penengah antara Israel dan kelompok Palestina, Hamas, yang menguasai Jalur Gaza.

Bagaimanapun belum ada keterangan dari Kementerian Luar Negeri Mesir maupun Hamas terkait dengan gencatan senjata menyeluruh ini.

Namun Israel menuduh Hamas menyembunyikan prasarana militernya di dalam kawasan pemukiman penduduk sipil.

Sejauh ini Israel mengatakan sudah melancarkan 1.960 serangan ke Gaza sejak tanggal 8 Juli sementara militan Hamas menembakkan sekitar 1.380 roket ke wilayah Israel. (BBC)