Jembatan Comal di Pemalang Dibuka, Lalu Lintas Mulai Padat

Foto: Istimewa

Pemalang, Sayangi.com – Arus mudik Lebaran yang melintasi jalur pantai utara Jembatan Comal, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Kamis sekitar pukul 05.15 WIB terlihat padat dan arus kendaraan mobil pribadi dengan berpelat nomor polisi B, F,D, BE, A tampak beriring-iringan dari arah barat (Jakarta) menuju timur (Semarang).

Dibukanya jalur Jembatan Comal pada Kamis, sekitar pukul 03.30 WIB ternyata juga belum banyak diketahui pemudik sehingga mereka harus melalui jalur alternatif.

Arus mudik kendaraan tampak mulai padat merayap setelah keluar dari jembatan Spait hingga Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Wiradesa karena banyak pemudik yang sekedar beristirahat dan keluar masuk dari SPBU itu.

Kepadatan arus lalu lintas kendaraan pemudik juga terlihat di jalur alternatif pertigaan Pasar Comal.

Sedang arus lalu lintas kendaraan dari arah timur (Kota Pekalongan) hingga menuju barat (Comal, Kabupaten Pemalang) lancar.

Pemudik asal Ngawi, Jawa Timur, Sriyanto mengaku tidak tahu jika Jembatan Comal sudah bisa dilalui kendaraan pada Kamis pagi.

Ia bersama keluarganya terpaksa harus menempuh waktu sekitar enam jam dari jalur pantura Kota Pemalang menuju Comal dengan melalui jalur alternatif yang berjarak sekitar 30 kilometer.

“Saat itu, kami sampai di Kota Pemalang Rabu (23/7) sekitar pukul 23.00 WIB tetapi sampai di SPBU Comal pukul 05.10 WIB. Kami tidak tahu jika Jembatan Comal sudah bisa dilalui kendaraan,” katanya.

Sriyanto mengatakan ia dan keluarganya berangkat dari Jakarta Rabu (23/7) sekitar pukul 10.00 WIB dan mengalami kemacetan sebanyak dua kali, yaitu di Tol Cikampek dan Kota Pemalang.

“Arus mudik kendaraan di pantura masih relatif lancar. Hanya saja kami terjebak kemacetan cukup lama di jalur alternatif Pemalang karena tidak mengetahui jika Jembatan Comal sudah dibuka Kamis pagi,” katanya.

Petugas Pos Pengamanan I Comal, Brigadir Polisi Cahyo Riyadi mengatakan jalur di Jembatan Comal mulai dibuka Kamis pagi dan hanya dikhususkan untuk satu arah, yaitu dari barat (Jakarta) menuju timur (Semarang).

“Kepadatan arus lalu lintas masih terpantau lancar karena Jembatan Comal hanya bisa digunakan untuk arus mudik dari Jakarta menuju Semarang. Sedang pada jalur pertigaan dekat Jembatan Comal, kami pasang barikade agar tidak menimbulkan kemacetan,” katanya.