Pemudik di Stasiun Senen Ramai Tapi Teratur

Foto: Ant

Jakarta, Sayangi.com – Pemudik telah memenuhi kawasan Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, karena sebagian besar warga telah memasuki libur Lebaran 2014, tapi keadaan di stasiun in masih tertib dan teratur sehingga tidak ada antrean yang padat.

“Persiapan untuk mudik tahun ini sudah disiapkan sejak 90 hari lalu. Pemudik sudah mulai terlihat sejak H-10 lebaran,” ujar Kahumas Stasiun Pasar Senen Sugeng Priyono, Jumat.

Suasana di Stasiun Pasar Senen terlihat sudah mulai dipenuhi pemudik yang antre secara tertib, menunggu satu jam sebelum keberangkatan kereta di depan pintu masuk.

Sugeng menyatakan, kondisi stasiun telah berubah, seperti ruang tunggu ber-AC, pemesanan tiket tidak harus di loket. Dan adanya Mesin Cetak Tiket Mandiri (CTM) membuat pemudik tidak menumpuk saat memesan tiket.

Peningkatan kualitas fasilitas yang diberlakukan PT. KAI telah memudahkan pemudik dalam memesan tiket. Salah satu pemudik bernama Atok yang akan mudik ke Semarang menyatakan tidak perlu melakui antre panjang untuk mencetak tiket.

Dalam ruang tunggu calon pemudik ada enam mesin CTM. Di sini juga tidak ada penumpukan calon pemudik dalam mencetak tiket dan ada beberapa petugas yang membantu calon pemudik dalam mencetak tiket mereka.

Stasiun Pasar Senen telah bekerja sama dengan polisi menjaga kawasan Stasiun Pasar Senen agar tetap aman dan tertib.

“Pihak kepolisian biasanya akan inisiatif untuk turut membantu keamanan di sini dan melayani masyarakat, tapi kita telah meminta tambahan 20 persen personil pada Kepolisian dari hari biasanya,” ujar Sugeng. (ant)