Kongres AS Setujui Paket Bantuan Untuk Iron Dome Israel

Foto: Reuters (dok)

Washington,Sayangi.com– Kongres Amerika Serikat menyetujui paket bantuan 225 juta dolar AS untuk memperkuat sistem pertahanan anti rudal Israel yang dinamakan kubah besi (Iron Dome).

Parlemen menyetujui paket pendanaan itu dengan perbandingan suara 395-8 pada Jumat (1/8) malam waktu Washington. Senat AS juga telah menyetujui dengan suara bulat kebijakan itu sebelum dimulainya lima pekan reses musim panas.

Keputusan ini sekarang menunggu tanda tangan Presiden AS Barack Obama.

Tahun lalu, Kongres AS juga menyetujui paket bantuan senilai 235 juta Dolar AS untuk Iron Dome Israel.

Gedung Putih awalnya hanya meminta sekitar 176 juta, tetapi anggota parlemen meningkatkan jumlahnya. Kongres sering meningkatkan pendanaan untuk proyek-proyek keamanan Israel yang dimintakan oleh presiden, demikian AFP melaporkan.

Dana tersebut merupakan bagian dari permintaan pemerintah sebesar 3,1 miliar dolar AS untuk bantuan militer kepada Israel, penerima terbesar bantuan luar negeri AS di dunia.

Sebagai informasi, sistem pertahanan kubah besi (iron dome) dirancang untuk mencegat roket yang diperkirakan akan menghantam daerah-daerah berpenduduk, dan mengabaikan roket-roket yang menuju lapangan kosong.

Iron Dome menggunakan radar untuk mendeteksi sebuah roket telah ditembakkan, lalu perangkat lunak akan menentukan kemungkinan tujuan roket tersebut dan rudal yang per buah harganya puluhan ribu dolar itu ditembakkan ke jalur roket dan menghancurkannya.

Sistem ini dikembangkan oleh perusahaan pertahanan Rafael milik Israel bekerjasama dengan dua perusahaan lain. Amerika Serikat telah memberi Israel ratusan juta dolar untuk Iron Dome sejak pertama kali digunakan pada tahun 2011.