Israel Serang Lagi Sekolah PBB di Gaza, 10 Tewas

Foto: Reuters

Gaza,Sayangi.com– Setidaknya 10 orang dilaporkan tewas akibat serangan militer Israel pada hari Minggu (3/8) ke gedung sekolah milik Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) di Kota Rafah, wilayah selatan jalur Gaza, yang dijadikan sebagai lokasi pengungsian.

Ini adalah ketiga kalinya dalam 10 hari terakhir, Israel menyerang sekolah milik PBB, termasuk serangan Israel empat hari lalu atas sekolah di Jabaliyah yang menewaskan 16 orang.

Pierre Krahenbuhl, kepala badan bantuan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA), menyatakan bahwa peluru meledak dekat gerbang utama sekolah di Rafah itu, mengakibatkan banyak kematian dan cedera di dalam dan luar gedung.

Krahenbuhl menyatakan, sekitar 3.000 orang berlindung di sekolah tersebut.

“Penembakan ini patut dikutuk secara terbuka oleh UNRWA dan saya pribadi. Kejadian itu mengguncang dan tak dapat dipercaya bahwa itu terjadi lagi,” katanya di acara CBS “Face the Nation”.

Krahenbuhl mengakui bahwa pada tiga kesempatan pemeriksaan ditemukan senjata di gedung milik PBB tersebut.

“Yang pasti, tidak ada yang dapat membenarkan bahwa karena senjata ditemukan di satu gedung lalu dibenarkan menembaki sekolah lain dan membahayakan jiwa orang terlantar di tengah daerah perang,” katanya.

Sejauh ini militer Israel belum memberikan pernyataan soal serangan ke sekolah PBB tersebut. Selama ini, Israel menuduh Hamas menggunakan warga sebagai perisai dengan menempatkan senjata dan pusat komando di atau dekat bangunan warga sipil.