Israel-Hamas Sepakat Gencatan Senjata Usulan Mesir

Foto: AP

Kairo,Sayangi.com– Pejabat Israel dan Hamas menyetujui usulan Mesir untuk melakukan gencatan senjata di Jalur Gaza selama tiga hari (72 jam) yang akan dimulai pada Selasa (5/8) pukul 05.00 GMT atau 12.00 WIB.

Seorang pejabat senior Israel mengatakan bahwa mereka menerima usulan Mesir.

“Israel telah memberitahu Mesir mengenai persetujuan atas usulan gencatan senjata,” kata seorang sumber di kantor perdana menteri yang meminta dirahasiakan identitasnya.

Hamas juga mengumumkan persetujuan yang sama. “Hamas memberi tahu Mesir beberapa waktu lalu mengenai persetujuan atas masa tenang selama 72 jam,” kata juru bicara Hamas Sami Abu Zuhri kepada Reuters.

Pejabat Israel mengatakan akan mengirim delegasi ke Kairo dalam waktu beberapa hari mendatang. Sedangkan perwakilan Palestina sudah berada di Mesir untuk siap berunding.

Masa tenang 72 jam itu akan digunakan oleh perwakilan Israel dan Hamas untuk melakukan perundingan di Kairo guna membahas kesepakatan jangka panjang, demikian Reuters melaporkan.

Sejumlah usulan gencatan senjata di Jalur Gaza yang sebelumnya menemui kegagalan karena pihak yang berseteru terus menolak syarat yang diajukan musuhnya.

Para pejabat kesehatan di Gaza melaporkan bahwa agresi Israel ke jalur Gaza sejak 8 Juli telah menewaskan 1.860 warga Palestina, sebagian besar warga sipil, dan 9.400 cedera.

Di pihak Israel 67 orang dilaporkan tewas, tiga warga sipil dan selebihnya adalah tentara.