Rusia Perpanjang Izin Tinggal Edward Snowden

Moskow, Sayangi.com – Rusia memberikan izin tinggal tiga tahun lagi bagi pembocor rahasia Amerika Serikat, Edward Snowden, dengan hak bepergian ke luar negeri.

Izin tinggal buronan ini di Rusia telah berakhir tanggal 31 Juli. Snowden melarikan diri dari AS setelah melakukan pencurian data pemerintah dan memberikan informasi rahasia.

Pengacara Snowden, Anatoly Kucherena, seperti dilansir BBC mengatakan bahwa permintaan perpanjangan izin tinggal tersebut telah diterima.

“Dengan demikian, Edward Snowden diberikan izin tinggal selama tiga tahun, yang memungkinkannya bergerak bebas dan bepergian ke luar negeri,” kata Kucherena.

Mantan pegawai Badan Keamanan Nasional (NSA) AS tersebut dipuji para pegiat hak pribadi karena mengungkapkan skala operasi mata-mata NSA dan rincian dugaan kegiatan mata-mata AS terhadap sejumlah pemimpin asing, termasuk sekutu AS.

Kongres AS sejak saat itu berusaha menerapkan pembatasan kegiatan pengawasan elektronik NSA. Meskipun demikian, para pemimpin AS menuduh Snowden merusak kepentingan nasional dan keamanan negara.

Bulan Mei, Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengatakan Snowden adalah buron hukum yang seharusnya “bersikap ksatria” dan kembali pulang ke AS. Snowden melarikan diri dari AS lewat Hong Kong pada bulan Mei 2013.