Gencatan Senjata Berakhir, Israel dan Hamas Bertempur Lagi

Gaza,Sayangi.com– Hamas dan Israel kembali saling melancarkan serangan, setelah gencatan senjata 72 jam berakhir pada Jumat (8/8) pukul 08.00 waktu Gaza.

Gerilyawan Hamas melanjutkan penembakan roket ke wilayah Israel dari Jalur Gaza, dan pesawat-pesawat jet Israel langsung merespon dengan melakukan serangan udara ke sejumlah sasaran di Kota Gaza.

Menurut militer Israel, Hamas sedikitnya meluncurkan 19 roket. Empat diantaranya yang mengarah ke kota-kota di bagian selatan Israel berhasil dicegat oleh sistem pertahanan iron dome dan yang lainnya jatuh di wilayah terbuka. Tidak ada laporan cedera atau kerusakan akibat serangan roket itu.

Serangan jet-jet Israel berlangsung sekitar tiga jam. Menurut juru bicara militer Israel, Peter Lerner, serangan udara itu dilakukan terhadap sejumlah prasarana teroris di Gaza.

Sebelumnya, AFP melaporkan bahwa Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan akan melakukan pembalasan kuat sebagai respon serangan roket pihak Hamas.

Hamas, yang menguasai Gaza, mengatakan pihaknya gagal mencapai persetujuan untuk memperpanjang gencatan senjata dalam pembicaraan tidak-langsung dengan Israel di Kairo.

Menurut Hamas, Israel tidak menyetujui satupun tuntutannya, yang mencakup pencabutan blokade yang telah mencekik perekonomian Gaza dan menghambat warga Palestina untuk bisa meninggalkan daerah pantai itu.