Warga Gaza Sambut Meriah Gencatan Senjata Jangka Panjang

Foto: BBCIndonesia

Gaza,Sayangi.Com– Warga Kota Gaza menyambut meriah gencatan senjata jangka panjang antara Israel dan pejuang militan Palestina di jalur Gaza yang telah disepakati di Kairo dan mulai berlaku pada Selasa (26/8) malam.

Ribuan warga Gaza bersorak dan turun ke jalan-jalan menyambut pengumuman gencatan senjata tersebut, bahkan ada yang mengeluarkan tembakan ke udara.

Pemandangan ini sangat kontras dengan beberapa jam sebelumnya, dimana serangan udara Israel menghantam gedung-gedung tinggi di Gaza sementara roket dan misil yang ditembakkan dari Gaza mendarat di wilayah Israel.

“Kita berada di sini hari ini untuk menyatakan kemenangan atas perlawanan, kemenangan bagi Gaza atas pertolongan Allah dan ketabahan rakyat kita dan perlawanan mulia,” kata juru bicara Hamas Sami Abu Zuhri.

Seperti dilaporkan BBC, gencatan senjata jangka panjang berlaku sejak Selasa pukul 19:00 waktu setempat. Para pejabat Israel dan Palestina mengukuhkan kesepakatan tersebut dalam perundingan di kairo yang dimediasi oleh Mesir.

Kesepakatan meliputi pembukaan pintu-pintu perbatasan Gaza guna memungkinkan pengiriman bahan bangunan dan bantuan.

“Israel menerima prakarsa Mesir bagi gencatan senjata tanpa batas di Gaza,” kata seorang pejabat Israel.

Namun gencatan senjata tidak mencakup tuntutan Hamas terkait operasi sebuah pelabuhan, bandar udara, tahanan dan dana. Kedua pihak akan membahas tuntutan masing-masing melalui mediator perundingan, Mesir, dalam waktu satu bulan.