Zainudin Amali: Saya Jamin Koalisi Merah Putih Akan Langgeng

Foto: Sayangi.com

Jakarta, Sayangi.com – Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Timur, Zainudin Amali menjamin bahwa Koalisi Merah Putih pendukung Prabowo-Hatta akan langgeng, setidaknya hingga lima tahun ke depan. Hal itu diungkapkannya usai menghadiri sebuah diskusi yang digelar DPP Perhimpunan Gerakan Keadilan (PGK) di Sekretariat PGK di bilangan Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (2/9/2014).

“Pendapat saya, sepanjang kepemimpinan partai masih di tangan pemimpin yang ada sekarang di masing-masing partai, maka itu saya jamin koalisi ini akan bertahan, dan saya meyakini kelanggengan koalisi ini,” kata politisi yang juga Wakil Ketua Komisi VII DPR RI tersebut.

Ia begitu yakin dengan hal itu karena yang punya gagasan untuk membektuk koalisi ini adalah elit-elit partai yang kini bergabung dalam koalisi tersebut.

Namun demikian, bila nantinya ada pergantian elit dan kepemimpinan di tubuh partai yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih, ia tidak bisa menampik peluang terjadinya perubahan arah koalisi.

Menurut Zainudin, Koalisi Merah Putih hingga kini bertekad untuk konsisten sebagai penyeimbang pemerintahan Jokowi-JK. Hal itu dinilainya sebagai langkah politik yang juga memberikan sumbangsih yang sama terhadap pembangunan di negeri ini.

“Sebenarnya tujuannya sama yang berada di dalam pemerintahan dan di luar pemerintahan. Tujuannya sama, yaitu kesejahteraan rakyat, cuma mungkin caranya yang berbeda,” jelasnya.

Politisi Golkar yang terpilih kembali sebagai anggota DPR RI dari Dapil Jawa Timur XI ini pun berharap bahwa kekuatan koalisi tersebut bisa melembaga tidak hanya di tingkat pusat, namun juga ke tingkat DPRD Provinsi hingga kabupaten/kota.

Bantah Golkar Terbelah

Zainudin juga menjelaskan bahwa saat ini partainya masih tetap solid dan tidak terbelah meskipun ada yang berbeda dukungan dalam Pilpres 2014. Menurutnya, perbedaan di tubuh Golkar itu merupakan hal yang wajar yang tidak mengganggu soliditas di dalamnya.

“Sekarang ruang untuk beda pendapat di Golkar sangat diberikan. Sehingga apa yang disaksikan oleh masyarakat di Golkar, itu perbedaan biasa yang tidak mengganggu soliditas partai,” ujarnya.

Selain itu jelas dia, partai berlambang pohon beringin itu juga masih tetap solid untuk tetap berada dalam Koalisi Merah Putih.

“Sampai saat ini saya masih punya keyakinan untuk itu, bahwa Golkar masih tetap di Koalisi Merah Putih, apalagi ketua koalisinya dari Golkar. Ketua koalisi Merah Putih, Pak Ketua Umum sendiri, Pak Aburizal Bakrie, sekjennya Pak Idrus Marham,” paparnya.

“Ada usulan dari teman-terman untuk mengikat keputusan ini dengan menjadikannya sebagai keputusan munas, sehingga ini mengikat untuk semua. Kalau munas memutuskan itu, harus dijalankan, kalau enggak berarti melanggar.”