Serena Williams Raih Gelar AS Terbuka Keenam Kali

Foto: New York Times

New York,Sayangi.Com– Peringkat satu tenis putri dari Amerika Serikat, Serena Williams meraih gelar AS Terbuka (US Open) setelah mengalahkan Caroline Wozniacki (Denmark) dua set langsung, 6-3, 6-3, di laga final yang berlangsung di di Flushing Meadows, New York, Minggu siang waktu setempat atau Senin (8/9) dini hari WIB.

Ini adalah gelar tunggal putri US Open keenam bagi Serena Williams, dan tiga diantaranya ia raih secara berturut-turut (2002,2003, 2004). Selain gelar di nomor tunggal, Serena juga mengoleksi dua nomor ganda AS Terbuka.

Dengan gelar barunya ini, petenis berusia 32 tahun ini total mengumpulkan 18 gelar Grand Slam sepanjang kariernya, menyamai rekor Chris Evert dan Martina Navratilova. Petenis perempuan terbanyak yang memenangi Grand Slam adalah Margaret Court dengan 24 gelar juara, disusul oleh Stefi Graff dengan 22 gelar.

Bagi Wozniacki, kekalahan ini memperpanjang rekor buruknya atas Serena, yakni sembilan kalah dan hanya satu kali menang. Ini juga menjadi kegagalan kedua Wozniacki di final US Open setelah lima tahun lalu ia dikalahkan Kim Clijsters dari Australia.

Serena sepenuhnya menguasai pertandingan yang berlangsung selama 75 menit itu. Ia tak memberi kesempatan Wozniacki untuk mengembangkan permainan di kedua set.

Di awal set pertama Serena langsung unggul 2-0 setelah ia mampu mematahkan servis Wozniacki. Namun Wozniacki balas mematahkan servis unggulan pertama itu hingga membuat kedudukan menjadi 2-1.

Selanjutnya kedua petenis saling mematahkan servis lawannya secara berturut-turut sampai kedudukan menjadi 4-2. Namun setelah itu Serena tidak terbendung untuk merebut game ketujuh yang membuatnya memimpin 5-2.

Wozniacki memberi perlawanan dengan memenangkan servisnya yang membuat skor jadi 5-3. Namun dia gagal mematahkan servis Serena di game sembilan yang membuat set pertama ditutup dengan kedudukan 6-3.

Di set kedua, Serena juga langsung unggul 2-0, sebelum Wozniacki berhasil memenangkan servisnya dan mengubah kedudukan menjadi 2-1.

Serena dan Wozniacki kemudian berhasil memenangi servisnya masing-masing untuk membuat laga berlangsung sengit hingga kedudukan 4-3. Namun, setelah itu Serena memegang kendali permainan hingga akhirnya menutup set kedua dengan 6-3.