Kandaskan Nishikori, Marin Cilic Juara AS Terbuka

Foto: AFP

New York,Sayangi.Com– Petenis Kroasia, Marin Cilic, meraih gelar AS Terbuka setelah mengalahkan petenis Jepang Kei Nishikori pada laga final yang berlangsung di Arthur Ashe Stadium, New York, Senin sore waktu setempat atau Selasa (9/9) pagi WIB.

Cilic menang dengan tiga set langsung 6-3, 6-3, 6-3, dalam waktu 1 jam 54 menit. Ini adalah gelar Grand Slam pertama untuknya.

Kemenangan Cilic banyak disumbang melalui servisnya yang keras. Ia juga tampil sangat agresif dan berhasil meredam permainan Nishikori yang biasanya cepat dan memiliki penempatan bola yang bagus.

Di awal set pertama, laga berjalan imbang. Kedua petenis berhasil memenangkan servisnya hingga kedudukan 2-2. Situasi berubah saat Cilic berhasil mematahkan servis Nishikori di game ke-6 untuk membuatnya unggul 4-2 dan berhasil memenangkan servis di game ke-7 untuk menambah keungulan menjadi 5-2. Set ini berakhir dengan kedudukan 6-3.

Di set kedua Cilic kembali mematahkan servis Nishikori pada game ketiga yang membuatnya unggul 2-1. Pada game ketujuh, Cilic kembali berhasil mem-break servis Nishikori untuk menambah keunggulan menjadi 5-2. Meski di game kedelapan Nishikori sempat mematahkan servis Cilic, set kedua akhirnya berakhir dengan 6-3.

Di set ketiga Cilic tetap dominan dan sukses mematahkan servis lawan di game keempat untuk membuatnya unggul 3-1. Set inipun ditutup dengan 6-3.

Final AS Terbuka tahun ini antara Cilic (unggulan 14) dan Nishikori (unggulan 10) merupakan kejutan besar. Bagi keduanya, ini adalah final pertama mereka di turnamen Grand Slam. Di semifinal Cilic menumbangkan Roger Federer, sedangkan Nishikori mengandaskan Novak Djokovic.

Ini juga untuk pertama kali sejak Australia Terbuka tahun 2005, final Grand Slam tidak diikuti salah satu dari Roger Federer, Rafael Nadal atau Novak Djokovic.