Penelitian: Stress Kala Hamil Picu Anak Tumbuh jadi Pribadi yang Cengeng

Foto: Authentic Parenting

Inggris, Sayangi.com – Beberapa mitos menyebut bahwa wanita yang kerap menangis ketika masa kehamilan akan membuat bayi atau anak yang dilahirkannya menjadi mudah menangis alias cengeng.

Nampaknya, hal tersebut memang bukan sekedar mitos atau ucapan orangtua dulu belaka. Sebuah penelitian yang dilansir dari Mail Online mengungkapkan bahwa wanita yang kerap mengalami stress dan depresi di masa kehamilan, dapat membuat anak mereka tumbuh menjadi pribadi yang mudah menangis dan cenderung menangis berlebihan atau cengeng.

“Walaupun belum ada penjelasan yang pasti, namun para peneliti mengatakan bahwa jika seorang ibu menderita stres saat hamil dan stres tersebut bahkan tidak hilang ketika bayi mereka dilahirkan, maka si ibu akan memiliki gaya pengasuhan yang dapat menyebabkan bayi mereka merasa tidak nyaman dan membuatnya menangis berlebihan,” kata Dr Clare Bailey, seorang spesialis parenting di Inggris.

“Bayi memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi terutama pada keadaan yang membuat mereka tidak nyaman. Semakin mereka merasa stres, khawatir, dan depresi maka mereka akan semakin sulit menenangkan diri yang akhirnya berimbas pada kesehatan mereka,” imbuhnya.

Lebih lanjut Bailey menyarankan agar para wanita hamil dapat memiliki kemampuan yang prima untuk mengatur kesehatan fisik dan mental karena buah hati Anda akan terkena efek langsung dari apa yang terjadi pada diri Anda. (SIS)