Demi Hidupkan Kembali Sepakbola Wanita, Pertiwi Cup Resmi Digelar

Foto: Goal

Jakarta, Sayangi.com – Menghidupkan kembali semangat sepakbola untuk semua masyarakat dan golongan, PSSI kembali menggelar Pertiwi Cup, yang sudah mengalami mati suri selama empat tahun. Seperti namanya, Pertiwi Cup merupakan turnamen sepakbola khusus wanita yang tahun ini diikuti oleh 14 tim dari 12 Asosiasi Provinsi (Asprov).

Papua menyumbangkan tiga tim diwakili oleh Papua Barat, Papua dan Papua 2. Yogyakarta, Jakarta, Jawa Tengah dan Jawa Barat masing-masing mengirimkan dua tim. Dan sisanya adalah Jawa Timur, Riau, Banten dan Bangka Belitung yang masing-masing diwakili satu tim.

Kejuaraan ini diresmikan pada Jumat, 12 September di Lapangan C Senayan, dan puncaknya akan berakhir 21 September mendatang. Pertiwi Cup diharapkan komite eksekutif sepakbola bidang kewanitaan Tony Apriliani, bakal menghidupkan kembali semangat akan sepakbola wanita di Indonesia.

“Ini merupakan langkah akselerasi untuk mengejar ketertinggalan sepakbola wanita. Sudah empat tahun vakum, dan Pertiwi Cup ini akan jadi momentum yang baik,” kata mantan ketua Asprov Jawa Barat tersebut saat memberi sambutan.

Tony pun mengharapkan peserta Pertiwi Cup akan terus bertambah tiap tahunnya, dan bisa jadi sarana memantau bakat sepakbola wanita di daerah-daerah. “Selamat bertanding! Tidak hanya mengharapkan lahirnya juara, tapi bisa juga memotret pembinaan sepakbola di daerah. Semoga bakal lebih banyak lagi yang akan berpartisipasi tahun depan,” harap Tony.

Ajang ini juga diharapkan bisa jadi titik awal pembentukan timnas Indonesia wanita untuk menuju SEA Games 2015, di mana regulasi umur di Pertiwi Cup adalah 17-25 tahun. (Goal)