Rusia Dituduh Ingin Hancurkan Ukraina & Hidupkan Uni Soviet

Kiev, Sayangi.com – Rusia ingin menghancurkan Ukraina sebagai negara merdeka dan menghidupkan kembali Uni Soviet, kata Perdana Menteri Ukraina Arseniy Yatsenyuk.

Dalam konferensi di ibu Kota Ukraina, Kiev, Yatsenyuk menegaskan tujuan Presiden Rusia Vladimir Putin tidak hanya mencaplok Ukraina timur, tetapi seluruh wilayah Ukraina.

“Bagi saya jelas apa yang menjadi tujuan akhir Presiden Putin. Tujuannya tidak hanya mengambil Donetsk dan Luhansk, tujuannya adalah mengambil seluruh Ukraina,” kata PM Ukraina.

“Ia tidak bisa menghadapi kenyataan bahwa Ukraina akan menjadi bagian dari keluarga besar Uni Eropa. Ia ingin memulihkan Uni Soviet.”

Ukraina dan negara-negara Barat menuduh Rusia menyokong pemberontak pro-Rusia di Ukraina timur. Rusia membantah keras tudingan itu.

Pernyataan Yatsenyuk dikeluarkan setelah pemerintah Amerika Serikat menerapkan sanksi baru kepada sejumlah bank besar, perusahan pertahanan dan perusahaan energi Rusia. Sanksi ini merupakan bagian dari usaha gabungan dengan Uni Eropa untuk menghukum Rusia karena dianggap melakukan campur tangan militer di Ukraina.

Kementerian Luar Negeri Rusia menyebut sanksi baru sebagai “langkah bermusuhan lagi sesuai dengan cara konfrontasi” yang ditempuh AS. Rusia berjanji akan mengambil tindakan sebagai balasan. (BBC)