Penembak Malala Yousafzai Berhasil Ditangkap

Sayangi.com – Para anggota militan yang menembak Malala Yousafzai yang memperjuangkan pendidikan anak perempuan di Pakistan telah ditangkap, kata militer Pakistan.

Malala ditembak kepalanya oleh serombongan anggota Taliban pada Ocktober 2012 karena mengkampanyekan pendidikan untuk anak-anak perempuan.

Pelaku penembakan naik ke bus sekolah yang ditumpangi Malala di kawasan barat daya lembah Swat, melepaskan tembakan hingga melukai Malala dan dua teman sekolahnya.

Gadis muda itu berhasil pulih dari serangan yang mengejutkan dunia dan membuat namanya terkena di seluruh dunia tersebut.

Majalah internasional Time memasukkan namanya ke dalam daftar orang-orang yang paling berpengaruh tahun 2013. Malala dinominasikan untuk penghargaan Nobel dan baru-baru ini meluncurkan otobiografinya.

Daftar sasaran

“Kelompok yang terlibat dalam penembakan Malala telah ditangkap,” kata juru bicara militer, Jenderal Asim Bajwa dalam jumpa pers hari Jumat (12/9).

Ia menjelaskan, 10 anggota sebuah faksi bernama “Shura,” yang menurut tentara merupakan bagian dari Taliban Pakistan (Tehreek-e-Taliban Pakistan atau TTP), ditangkap dalam operasi gabungan antara polisi, tentara dan dinas intelijen.

Kelompok itu dipimpin oleh Mullah Fazlullah, pemimpin Taliban Pakistan, kata Jenderal Bajwa menambahkan.

Dikatakannya, tentara menemukan daftar 22 aktivis terkenal di kawasan Swat yang merupakan sasaran serangan setelah Malala.

Mereka masih terus diinterogasi, dan akan diadili dengan pasal terorisme secepatnya.

Catatan harian Malala

Malala Yousafzai, berusia 15 tahun tatkala ditembak, dan dikenal sebagai perempuan muda yang memperjuangkan hak anak perempuan atas pendidikan.

Ia menulis catatan harian yang diterbitkan BBC Urdu pada tahun 2009 yang berisikan tentang hidup di bawah Taliban yang menguasai daerah itu.

Tahun lalu ia mendapatkan penghargaan hak asasi manusia prestigius Hadiah Sakharov dari Uni Eropa. (BBC)