Wuih, Pengemis Tua Ini Simpan Uang Rp11 Juta di Gerobaknya

Jakarta, Sayangi.com – Jajaran Sudin Sosial Jakarta Pusat berhasil mengamankan seorang kakek yang sehari-hari mengemis di bilangan Kecamatan Senen, Jakarta Pusat. Alangkah terkejutnya petugas, saat dilakukan penggeledahan ditemukan uang tunai senilai Rp 11 juta di gerobak milik kakek tua tersebut. Uang tersebut tersimpan dalam tas.

Kasie Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial, Sudin Sosial Jakarta Pusat, Wanson Sinaga menuturkan, razia yang dilakukan pihaknya berkat laporan dari masyarakat mengenai aktivitas kakek pengemis yang kerap mangkal di samping Hotel Oasis, Senen, Jakarta Pusat.

“Pengemis itu sempat coba menyogok petugas saat akan diamankan. Makanya langsung kami naikkan ke atas mobil dan dilakukan penggeledahan tasnya. Setelah digeledah, ada sejumlah uang tunai senilai Rp11 juga di dalam tasnya,” ujar Wanson, Selasa (16/9/2014).

Dikatakan Wanson, kakek pengemis yang berhasil diamankan itu belakangan diketahui bernama Edi Supriyadi (78), asal Kudus, Jawa Tengah.

Dilaporkan laman Pemprov DKI, uang tunai yang ditemukan sebagian besar terdiri dari pecahan Rp 100 ribu. Sedangkan uang pecahan Rp 50 ribu hanya ditemukan empat lembar. Petugas juga menemukan pisau dapur, selimut, alat penerangan dan air mineral dari dalam gerobak milik Edi Supriyadi tersebut.

“Gerobaknya juga berfungsi sebagai rumahnya. Karena kami menemukan sejumlah alat-alat rumah tangga,” katanya.

Hingga kini, kata Edi, pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap kakek pengemis tersebut. “Setelah didata akan kami kirim ke Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya di Cipayung, Jakarta Timur,” tandasnya.