Menkeu Siapkan BLT Rp 10 Triliun Terkait Kenaikan Harga BBM

Jakarta, Sayangi.com -Terkait rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, pemerintah saat ini telah menyiapkan dana kompensasi sebesar Rp 10 triliun. Dana itu sudah diamankan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2014 serta Rancangan APBN 2015.

“Di APBN-P 2014 sudah ada dana kompensasi Rp 5 triliun dan akan di purpose lagi Rp 5 triliun di 2015,” ujar Menteri Keuangan Chatib Basri di Jakarta, Selasa (23/9/2014).

Chatib mengatakan, saat ini anggaran kompensasi Rp 5 triliun untuk tahun depan sedang dalam pembahasan antara pemerintah dan DPR. Diharapkan parlemen memberikan restu atas alokasi ini.

“Tergantung apakah yang Rp 5 triliun itu akan disetujui oleh DPR untuk tahun depan atau tidak,” ungkapnya.

Chatib menepis anggapan beberapa pihak yang menyebut bahwa pemerintahan saat ini belum melakukan persiapan atau memitigasi jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengambil kebijakan kenaikan harga BBM subsidi.

“Jadi tidak betul kalau ada yang bilang kami nggak mempersiapkan. Bantuan Langsung Sementara (BLSM) saja sudah disiapkan Rp 5 triliun untuk tiga bulan dan tiga bulan lagi di 2015,” terangnya.