Kasad TNI: Ada Erosi Kepemimpinan di Kepolisian

Jakarta, Sayangi.com – Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Gatot Nurmantyo geram dengan peristiwa penembakan yang diduga dilakukan oknum aparat kepolisian terhadap empat anggota TNI di Batam, Minggu (21/9/2014). Gatot menjelaskan bahwa hal itu terjadi karena adanya erosi kepemimpinan di tubuh kepolisian.

Gatot menjelaskan bahwa peristiwa itu mestinya tidak terjadi. Sebab kepolisian dan TNI sama-sama merupakan lembaga negara yang bertugas untuk menjaga keamanan. Namun soal kepemimpinan menjadi salah satu penyebabnya.

“Masalah itu terjadi karena perilaku oknum polisi dan adanya erosi kepemimpinan di Kepolisian,” kata Gatot dalam sebuah wawancara di stasiun TV swasta, Selasa (23/9/2014) petang.

Namun demikian, meski terjadi penyerangan aparat kepolisian, dalam kesempatan itu, Gatot meminta bawahannya agar tetap bertugas seperti biasa. Gatot meminta anak buahnya untuk bermental baja dan tetap bermoral.

“Seluruh prajuritku di Tanah Air. Tunjukkan bahwa kita semua prajurit yang bermental baja yang tahu mana lawan dan mana kawan. Kita bertugas seperti biasa. Tunjukkan bahwa kalian prajurit yang bermental baja, profesional, dan bermoral, serta menjunjung tinggi hukum,” tegasnya.