Takut Hidup Sendiri, Pasangan Lansia Ini Akan Jalani Suntik Mati

Foto: Mail Online

Belgia, Sayangi.com – Sungguh cinta yang besar namun aneh, sepasang suami istri lanjut usia di Belgia memutuskan untuk melaksanakan euthansia atau suntik mati demi bisa mati bersama. Adalah Francis (89), dan istrinya, Anne (86) yang rencananya akan menjalani suntik mati pada 3 Februari tahun depan, bersamaan dengan ulang tahun perkawinan mereka ke-64.

“Kami ingin wafat bersama karena kami berdua takut soal masa depan,” kata Francis kepada situs berita Moustique, seperti dilansir Huffintonpost, Sabtu (27/9).

“Kami takut hidup sendiri dan di atas semua itu kami takut kesepian,” imbuhnya.

Menurut Franchis, ia memilih euthansia lantaran takut bunuh diri. Perlu keberanian besar untuk melakukan tindakan seperti terjun dari bangunan berlantai 20 atau ke dalam kanal.

Diusianya yang sudah renta, Francis telah dua dasawarsa menderita kanker prostat. Dia mesti disuntik morfin setiap harinya. Sementara itu, satu mata Anne buta dan pendengarannya hampir tuli.

Putra Franchis dan Anne, John Paul (55) sempat mengajukan proses euthansia tersebut kepada sejumlah dokter di Belgia, namun para dokter menolaknya.

Baru-baru ini, John berhasil menemukan seorang dokter yang menyetujui untuk melakoni proses euthansia terhadap orangtuanya sebuah rumah sakit tanpa nama di Flanders. Flanders sendiri merupakan nama daerah di Belgia yang penduduknya berbahasa Belanda. Sebanyak 82 persen dari kasus euthanasia di negara itu berlaku di Flanders. (SIS)