Kubu SDA-Emron Diminta Islah dan Ikuti Amanat KH Maimun Zubair

Foto: Istimewa

Jakarta, Sayangi.com – Politisi Partai Persatuan Pembangunan M Arwani Thomafi meminta kedua kubu yang berkonflik di tubuh PPP agar segera melakukan ishlah (damai). Kedua kubu di tubuh DPP partai berlambang Ka’bah tersebut adalah kubu Suryadharma Ali dan kubu DPP PPP dengan ketua umum Emron Pangkapi.

Dua kubu tersebut hingga saat ini masih terus bersitegang. Bahkan keduanya belum terlihat akan melakukan ishlah meskipun sudah ada amanat dari Ketua Majelis Syariah PPP KH Maimun Zubair.

“Saya sudah sampaikan amanat Kiai Maimun Zubair tentang perintah ishlah, ini merupakan solusi. Saya masih optimis kedua belah pihak akan menyadari pentingnya solusi ini. Apalagi perintah ishlah ini sejalan dengan Putusan Sela Mahkamah Partai. Artinya sejalan dengan perintah Undang-undang,” kata Arwani dalam rilis yang diterima Sayangi.com, Senin (29/9/2014).

Menurut Arwani, bila perintah ishlah ini diabaikan, maka ia akan dikembalikan lagi kepada kiai yang memerintahkan ishlah.

“Karena ini amanat kiai, ya kami sampaikan dan kembalikan saja ke beliau para kiai yang berada di Majelis Syariah, soal penolakan islah ini. Kami yakin, para kiai tidak akan tinggal diam. Beliau-beliau pasti peduli dengan partai ini dan akan mengeluarkan solusi lainnya,” jelasnya.

Namun Arwani mengaku belum mengetahui adanya penolakan untuk mengambil langkah ishlah tersebut.

“Saya belum mendengar ada yang serius menolak ishlah. Jika pun ada penolakan ishlah, tentu sama saja mengingkari amanat para kiai di Majelis Syariah. Kami tentu kecewa jika ada sikap itu.”

Kendati demikian, ia optimis, pihak-pihak yang berbeda pendapat dapat mematuhi amanat para kiai yang tergabung di Majelis Syariah. Sebab secara konstitusional partai, Majelis Syariah merupakan institusi penting sebagaimana tercantum dalam AD/ART PPP.