Waspada! Pil KB Picu Kerusakan Gigi

Foto: Mail Online

Inggris, Sayangi.com – Hasil penelitian dari Ware Centre of Dental Excellence di Hertfordshire, Inggris terkait alat kontrasepsi dan kesehatan gigi mengungkapkan bahwa penggunaan alat kontrasepsi jenis KB dapat memicu kerusakan pada gigi.

Seperti diketahui, pil KB berfungsi meningkatkan kadar hormon progesteron untuk mencegah kehamilan, namun hormon progesteron yang berlebih di dalam tubuh wanita ternyata dapat menyebabkan reaksi berlebihan terhadap plak gigi yang memicu peradangan.

“Hormon progesteron yang berlebih di dalam tubuh wanita dapat mempercepat pembentukan plak. Selain itu hormon ini juga dapat membuat gusi Anda rentan berdarah ketika disikat,” ujar salah seorang peneliti, Dr Jeremy Hill, seperti dikutip Dailymail, baru-baru ini.

Kendati demikian, lanjut Jeremy, ada cara jitu untuk mencegah pembentukan plak akibat mengonsumsi pil KB.

“Walaupun begitu, hal ini sebenarnya bisa dicegah. Caranya adalah dengan selalu menggunakan obat kumur antiseptik yang akan membantu Anda untuk mencegah pembentukan plak. Mengonsumsi makanan sehat juga dapat memperkuat kesehatan gigi dan mulut Anda,” sarannya. (SIS)