Selama Pelarian, Snowden Ternyata Ditemani Kekasihnya

Foto: AFP

New York, Sayangi.com – Analis intelijen AS yang buron dan mendapatkan suaka dari Moskow setelah mengungkapkan kegiatan intelijen AS, Edward Snowden, ditemani kekasihnya sesama warga Amerika Serikat selama di Rusia.

Fakta ini tersingkap dari film dokumenter berdurasi dua jam berjudul “Citizenfour” karya Laura Poitras.

Dalam dokumenter itu dilukiskan foto Snowden selaga berada di sebuah hotel di Hong Kong saat pertama kali dia membocorkan informasi dari Dewan Keamanan Nasional AS (NSA), lalu kemudian merancang pelariannya.

Film itu menyingkapkan mitra asmara lama Snowden, Lindsay Mills, menemani dia di Moskow pada Juli.  Satu segmen pendek memperlihatkan sang pacar tengah mempersiapkan jamuan makan malam bersama Snowden di dapur berfunitur kayu, namun percapakan pasangan ini tidak terekam dan perempuan itu juga tidak diwawancarai.

Dalam dokumenter itu juga terlihat Snowden mengatakan kepada pacarnya sewaktu di Hongkong bahwa dia tidak akan cepat-cepat kembali setelah agen rahasia menggeledah rumahnya di Hawaii.

“Ini situasi yang sulit,” kata dia sembari terisak menangis di tempat tidur di kamar hotelnya¬† kepada Mills bahwa dia mungkin tidak akan kembali lagi.”

“Dia tak tahu apa yang mesti saya perbuat,” kata Snowden mengenai pacarnya.

Snowden mengaku merasa bersalah karena menghilang selagi sang pacar berlibur, namun mengatakan kepada pacarnya itu bahwa dia melakukan itu demi menyelamatkan sang pacar, demikian AFP