Waspada! Konsumsi Jus Jeruk Setiap Pagi Picu Serangan Jantung

Foto: Istimewa

Australia, Sayangi.com – Jika Anda seorang penyuka jus jeruk, ada baiknya Anda berhati-hati dalam mengonsumsinya. Pasalnya, penelitian terbaru yang dilakukan di Australia menunjukan, adanya peningkatan risiko serangan jantung atau angina dalam setiap gelas jus jeruk yang dikonsumsi saat pagi hari.

Penelitian yang dilakukan ilmuwan dari Swinburne University of Technology di Hawthorn, Australia melihat adanya hubungan antara segelas jus jeruk dengan pembesaran aorta, yakni arteri yang berfungsi memompa oksigen ke seluruh tubuh.

Menurut sang penulis studi, Dr Matthew Pase, temuan ini menjadi sangat penting mengingat adanya persepsi masyarakat bahwa jus buah itu menyehatkan. Kendati menyehatkan dan memiliki vitamin, lanjut Pase, jus umumnya mengandung jumlah gula yang tinggi dan kurang serat.

“Jus buah cenderung mengandung gula yang berlebihan. Seperti yang dijual kemasan, hal ini dapat memperburuk prevalensi hipertensi (tekanan darah tinggi) dan penyakit kardiovaskular,” kata Pase, seperti dikutip Dailymail, Selasa (14/10/2104).

Lebih lanjut Pase menjelaskan, jus buah dapat memicu seseorang menderita obesitas dan diabetes. Sebagai contohnya, dalam porsi 250ml mengandung 115 kalori, setara dengan tujuh sendok teh gula. Jika dibandingkan dengan minuman berkarbonasi yang memiliki 139 kalori tentu tidak beda jauh.

“Bagi anak-anak, jus buah dapat menyebabkan gigi busuk. Di Inggris, satu dari delapan anak telah menderita kerusakan gigi pada usia tiga tahun,” papar Pase.

Peneliti menambahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) hanya merekomendasikan enam sendok teh gula setiap hari. Jadi ada baiknya untuk membatasi asupan gula dari jus ataupun makanan favorit Anda, karena kelebihan asupan gula baik dari gula itu sendiri ataupun buah atau makanan yang mengandung banyak gula dapat menimbulkan masalah kesehatan. (SIS)