Obama Utus John Kerry Hadiri Pelantikan Jokowi

Sayangi.com – Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyiapkan delegasi untuk menghadiri pelantikan Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla sebagai presiden dan wakil presiden pada Senin, 20 Oktober 2014.

Menurut pernyataan resmi dari Gedung Putih yang diterima dari Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia di Jakarta, Jumat, Presiden Obama telah mengumumkan susunan delegasi yang akan menghadiri upacara pelantikan Presiden Indonesia yang ketujuh.

Delegasi tersebut akan dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John F. Kerry, yang dijadwalkan tiba di Jakarta pada 20 Oktober 2014 pukul 05:30 WIB di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

Delegasi tersebut antara lain terdiri atas Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Robert O. Blake, Asisten Menteri Luar Negeri untuk Kawasan Asia Timur dan Pasifik Daniel R. Russel, dan Direktur Peace Corps Carolyn Hessler-Radelet.

Selain itu akan ada Kepala Deputi Asisten Menteri Luar Negeri untuk Kawasan Asia Timur dan Pasifik yang juga mantan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Scot Marciel, serta Deputi Asisten Menteri Pendidikan Internasional dan Pendidikan Bahasa Asing Mohamed Abdel-Kader.

Pelantikan Joko Widodo dan Jusuf Kalla akan dilakukan di Gedung MPR/DPR/DPD RI Jakarta pada Senin (20/10).

Upacara pelantikan itu juga akan dihadiri oleh sejumlah pemimpin negara seperti Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Razak, Perdana Menteri Australia Tony Abbott, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, dan Menteri Perdagangan Rusia Denis Manturov.