4 Kiat Sehat Ala Jokowi

Foto: Citizendaily

Jakarta, Sayangi.com – Dalam penerapan gaya hidup sehat, setiap orang memiliki pilihan dan caranya masing-masing. Tak terkecuali seorang Presiden seperti Joko Widodo. Mantan orang nomor satu di Jakarta yang kini naik pangkat menjadi orang nomor satu di Indonesia ini pun memiliki sejumlah kebiasaan hidup sehat.

Dirangkum dari berbagai sesi wawancara dengan suami Iriana ini, berikut kiat sehat ala Jokowi:

Minum Jamu dan Air Putih
sesaat sebelum menuju Gedung MPR untuk dilantik menjadi Presiden, Jokowi bahkan masih menyempatkan diri untuk meneguk segelas jamu yang biasa di racik sendiri. Rupanya, Jokowi lebih memilih mengonsumsi jamu daripada minuman suplemen. Jamu yang kerap dikonsumsi Jokowi setiap pagi adalah Temulawak dan madu. Jika biasanya mengandung temulawak dan jahe, untuk pagi tadi ditambah kunir. Kunir yang dalam bahasa Indonesia disebut kunyit ini memang sudah dikenal masyarakat Indonesia sebagai bahan jamu yang memiliki banyak manfaat. Kunyit diketahui memiliki manfaat untuk mengatasi sakit perut, mencegah serangan jantung, hingga mencegah diabetes. Kunyit juga diketahui dapat melawan sel-sel kanker, serta menjaga kesehatan otak.

Sementara itu, temulawak (Curcuma xanthorrhiza) sendiri memiliki beragam manfaat seperti mengobati gangguan pencernaan, perut kembung, maag dan sebagainya. Selain itu, akar-akaran ini dipercaya bisa mencegah kanker dan mengatasi peradangan. Sedangkan madu, bermanfaat sebagai sumber energi, antibiotik alami dan sebagai antioksidan.

Selain gemar minum jamu, minuman favorit Jokowi adalah air putih. Menurut Ayah dari Kaesang Pangarep ini, air putih memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, pun murah meriah.

Bersepeda
Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga yang digemari Jokowi. Sejak menjadi Gubernur DKI Jakarta, pemilik usaha kayu Rakabumi Sejahtera ini memang rutin bersepeda bersama pejabat lainnya. Ia bahkan pernah menempuh jarak 16 kilometer bersepeda mengelilingi Jakarta. Manfaat bersepeda bagi kesehatan antara lain; meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kekuatan otot dan kepadatan tulang. Bersepeda memiliki efek yang baik untuk membuat seseorang menjadi tenang. Selain itu, bersepeda juga bisa menstabilkan tubuh secara fisik maupun emosional. Bersepeda bisa menurunkan kadar kecemasan, depresi, dan masalah psikologi lainnya. Selain itu, olahraga dengan bersepeda juga bisa menyeimbangkan hormon.

Bersepeda juga merupakan aktivitas ideal yang bisa menurunkan risiko kelebihan berat badan dan obesitas hingga 70 persen. Rajin olahraga dan bersepeda di masa muda bisa menurunkan risiko obesitas di masa tua.

Naik Gunung
Selain bersepeda, Presiden Joko Widodo memiliki hobi alam yakni mendaki gunung. Saat masih muda, Jokowi tercatat sebagai mahasiswa pecinta alam. Beberapa gunung-gunung tinggi di Indonesia pernah dijelajahinya.

Mendaki gunung menawarkan eksplorasi keindahan alam. Sebagian besar pecinta kegiatan ini menemukan rasa cinta kepada alam bebas melalui kegiatan ini. Selain itu, perjalanan ke puncak gunung akan menyajikan keindahan alam yang begitu sempurna. Mendaki gunung juga bermanfaat untuk mengembangkan beberapa keterampilan dan melatih kita melakukan persiapan menghadapi masalah, memberikan kewaspadaan, kesabaran, kepercayaan diri, dan kerja kelompok. Dalam hal ini kegiatan mendaki gunung dapat dilihat sebagai refleksi dari kehidupan nyata di mana kita harus bekerja keras untuk mencapai tujuan kita. Menekankan disiplin begitu penting sebagai nilai tambah di setiap pendakian.

Hidup Santai
Meski gemar mendengarkan musik-musik metal, nyatanya Jokowi memiliki kiat khusus untuk selalu menjaga kebugarannya, yakni dengan hidup santai. Presiden RI ke-7 ini mengatakan, agar tidak stres, hidup harus santai dan obat terbaik kala lelah hanya tidur.

Bersantai sendri merupakan salah satu hal penting untuk mencapai kinerja yang optimal dan kesehatan. Santai akan meningkatkan produktivitas Anda dalam menjalani hidup. Jika Anda tidak santai, semua yang Anda lakukan menjadi berat dan penuh perjuangan. Relaksasi menyediakan integrasi pikiran-tubuh yang diperlukan untuk kinerja yang optimal.

Bersantai sendiri merupakan salah satu hal sangat di perlukan untuk mendapatkan pikiran yang jernih dan bebas dari ketegangan fisik, bersantai sangat di perlukan untuk konsentrasi dan fokus, bersantai sangat di perlukan untuk mendinginkan dan membantu kembali pada keadaan fisik yang seimbang. Bersantai/relaksasi sangat penting untuk pikiran yang sehat dan diperlukan untuk menjaga motivasi dan minat dalam hidup dan karir. Bahkan ketika ada tuntutan besar pada kehidupan Anda, Anda memiliki keluarga besar, karir yang penting, dan rutinitas dan komitmen yang Anda lakukan sehari-hari, Anda harus tetap menyisihkan waktu dan ruang untuk bersantai. Tidak bisa beristirahat dan bersantai dapat merusak kesehatan Anda.